MEDAN - Perjuangan tim beregu bulutangkis Kota Medan di Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Porprovsu) 2019 berbuah manis. Medan sukses mengawinkan medali emas di nomor beregu putra dan beregu putri.

Capaian itu berhasil diraih usai Medan sukses menumbangkan lawan-lawannya di partai puncak beregu putra putri yang dihelat di Gedung PBSI Sumut Jalan Willem Iskandar, Medan, Selasa (25/6). Beregu putra Medan sukses menggondol emas dengan mengalahkan tim Deli Serdang 3-1. Kemenangan pertama Medan diraih lewat tunggal Aldo yang berhasil mengalahkan wakil Deli Serdang OK Irza, 21-10 dan 21-1.

Di partai kedua, Deli Serdang sempat menyamakan skor menjadi 1-1 lewat tunggal Alfindo usai menundukkan wakil Medan Fadlan, 18-21, 21-17 dan 22-20.

Namun Medan bisa kembali unggul 2-1 setelah di partai ganda lewat pasangan Yufi/Bayu sukses menundukkan pasangan Deli Serdang Nova/Aldi dengan skor ketat, 21-14, 15-21 dan 24-22.

Akhirnya Medan memastikan emas pertama mereka di cabang tepok bulu ini setelah di partai tunggal terakhir, Gusti yang sukses mengalahkan wakil Deli Serdang Alfen langsung dua gim, 21-11 dan 21-9.

Medan akhirnya berhasil mengawinkan emas di kategori beregu setelah beregu putri Medan sukses menundukkan Tebing Tinggi di final dengan skor telak 3-0.

Kemenangan itu diraih lewat nomor tunggal, Tri Intan harus susah payah mengalahkan Lisa Anjeli, 18-21, 25-23, 21-15. Selanjutnya tunggal putri kedua, Nia menuntaskan pertandingan lebih cepat. Menang gim pertama 21-9 dan di gim kedua hanya menang 3-0 karena wakil Tebing Tinggi, Malikathus mengalami cedera dan tak bisa melanjutkan pertandingan.

Akhirnya Medan berhasil mengunci emas kedua setelah partai ketiga lewat ganda putri Fanisah/Ayu Sekar, tak ingin membuang kesempatan ini dengan menalukkan pasangan Tebing Tinggi Siti/Stevany dua gim langsung, 21-18 dan 21-16.

Usai pertandingan Tim Pelatih Kontingen Medan, Nurhayati, Zulfan Rizal dan Nana Parinduri sangat bersyukur berhasil mengawinkan emas dan sukses mencapai target di kategori beregu. "Ini memang sesuai target tim, dua emas dari beregu. Kami melihat lawan-lawan juga cukup berat, saingan kini merata. Tapi anak-anak bisa menyelesaikan pertandingan dengan baik," ujar Zulfan.

Sementara pendamping tim bulutangkis Medan dari KONI Medan, Siegfried mengaku bersyukur atas raihan tersebut. Namun ia berharap anak-anak bisa meraih hasil terbaik saat bermain di kategori perseorangan.

"Di kategori beregu kita berhasil sapu bersih. Dan kita berharap di kategori perorangan (tunggal putra-putri, ganda putra-putri dan ganda campuran) juga mampu menyapu bersih emas," harapnya.**