SERGAI- Tiang lampu tenaga surya di jalan lintas Sumatera (jalinsum), tepatnya di depan alfamart Desa Seirampah, Kecamatan Seirampah, Sergai, persisnya didepan Kantor Bupati Sergai, Nyaris ambruk.

Pasalnya, tiang lampu tenaga surya ditemukan ada dua titik yang sudah retak dibagian bawah pondasi sehingga sangat membahayakan pengguna jalan terutama pada kendaraan sepeda motor maupun warga sekitar yang akan melintasi di lokasi tersebut.

Amatan Gosumut di lokasi, Minggu (22/6/2019) dini hari, terlihat ada dua titik tiang lampu tenaga surya yang terbilang sangat membahayakan bagi pengguna jalan, terutama pengendara sepeda motor karena tiang lampu tenaga surya nyaris ambruk.

Dua tiang lampu tenaga surya yang ditemukan nyaris ambruk yakni di depan Alfamart persisnya depan kantor Pemerintahan Kabupaten Serdang bedagai (Sergai), terlihat tiang pondasinya tersebut sudah mengalami retak-retak. Sedangkan tiang satu lagi didepan pintu masuk Dukcapil Sergai juga terlihat sudah menyondong kebawah diatas kabel listrik.

"Udah lama dua tiang lampu tersebut tidak ada perbaikan oleh pihak dinas terkait, bahkan tiang lampu juga dibagian pondasi selain sudah retak sebagian tiang juga ada yang menyondong kebawah,"ucap Joni warga Seirampah kepada Gosumut di lokasi.

"Tiang lampu juga terlihat ada yang menyandar di kabel listrik. Jika ini terus dibiarkan bisa membahayakan bagi pengendraa yang akan melintasi di lokasi tersebut terutama bagi warga perumahan,"ujarnya.

"Mudah-mudahan dinas terkait dengan adanya media bisa segera memperbaiki tiang -tiang lampu yang nyaris putus di lokasi tersebut sebelum adanya terjadinya korban jiwa,"ungkapnya Joni.

Senada dikatakan, Erni (27) menurutnya bahwa tiang lampu tenaga surya tersebut diduga diseruduk mobil truk angkutan.

"Tiang lampu tenaga surya tersebut dugaan di tabrak sebuah truk saat melintasi di lokasi, karena terlihat bagian bawahnya pondasi sudah mengalami keretakan. Kita berharap agar tiang lampu tersebut segera diperbaiki,"Jelas Erni.*