TOBASA-Pemerintah Daerah Toba Samosir bersama dengan Parbaringin Golongan si Raja Batak dari Porsea Senin, (17/6/2019) laksanakan ziarah Nasional dan upacara hari peringatan 112 Tahun meninggalnya Raja Sisingamangaraja XII tahun 2019.

Upacara Peringatan dilaksanakan di Makam Raja Sisingamangaraja XII Pagar Batu Balige bertindak sebagai Inspektur upacara Bupati Toba Samosir Ir Darwin Siagian dengan Pemimpin Upacara Ipda Pol Libertus Siahan perwira Polres Toba Samosir.

Peserta upacara diikuti dari jajaran Pasukan KODIM 0210 TU denganĀ  pasukan dari KOMPI Senapan A Simbisa serta anggota Kepolisian jajaran Polres Tobasa.

Ziarah Nasional dan upacara juga dihadiri dan ikuti langsung oleh Wakil Bupati Ir Hulman Sitorus bersama Istri, Ketua DPRD Kabupaten Tobasa Ir Boike Pasaribu,DANDIM O21O TU Letkol Inf. Rico J Siagian dan jajarannya, Kapolres Tobasa AKBP Agus Waluyo SIK didampingi para Perwira dan jajarannya,Ketua TP PKK Kab Tobasa Ny Brenda Ritawati Darwin Siagian bersama ibu ibu TP PKK Kabupaten dan Kecamatan,Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Drs.Audhi Murphi Sitorus serta beberapa Pejabat Daerah Pemkab Tobasa,Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat,Tokoh Pemuda, Tokoh Agama serta beberapa kalangan masyarakat umum dan pelajar/Mahasiswa.

Upacara dan Ziarah Nasional ini dalam rangka memperingati hari Kematian Raja Sisingamangaraja XII yang ke 112 tahun 2019 berjalan dengan sederhana dan penuh khitmat.

Bupati dalam kesempatan tersebut mengajak masyarakat mengenang dan menghormati jasa almarhum Raja Sisingamangaraja XII sebagai salah satu pahlawan Nasional yang memperjuangkan NKRI khususnya tanah Batak (TAPANULI) terbebas dari tangan penjajahan di masa lalu.*