GUNUNGSITOLI - Walikota Gunungsitoli bersama Unsur Forkopimda Kota Gunungsitoli, Wakil Walikota Gunungsitoli, Sekda Kota Gunungsitoli, Ketua TP.PKK dan Wakil Ketua TP.PKK Kota Gunungsitoli dan Ketua Bhayangkari Polres Nias menghadiri acara Buka Puasa Bersama Pemerintah Kota Gunungsitoli bersama masyarakat Kota Gunungsitoli bertempat di halaman Masjid Raya Al-Furqon Kota Gunungsitoli, Selasa (28/5/2019). Acara Bukber Pemerintah ini diprakarsai oleh Tim Pelaksana yang tergabung dalam Panitia Hari-hari Besar Islam Kota Gunungsitoli.

Kegiatan ini digelar dalam rangka memaknai bulan suci Ramadhan yang mana saat ini telah memasuki hari-hari terakhir Ramadhan, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dan yang paling penting yakni mempererat silaturrahmi dan menciptakan kerukunan, kedamaian, persatuan dan kesatuan serta penuh rasa kekeluargaan, baik dengan sesama kaum muslimin warga Kota Gunungsitoli, maupun dengan Pemerintah, sebaimana yang tercantum dalam Visi dan Misi Pemerintah Kota Gunungsitoli yaitu Meningkatkan kehidupan masyarakat yang religius, berbudaya dan taat hukum.

Hal ini disampaikan oleh Makmur Polem selaku Ketua Koordinator Tim dalam laporannya pada kegiatan tersebut. Selain itu beliau menyebutkan bahwa dalam mengisi bulan Suci Ramadhan 1440 H / 2019 M ini, Pemerintah melalui PHBI telah melaksanakan kunjungan Safari Ramadhan di 10 Masjid se-Kota Gunungsitoli sebagai upaya menciptakan hubungan kekeluargaan dengan masyarakat se-Kota Gunungsitoli. Maka dalam kesempatan ini beliau menghaturkan rasa terimakasih kepada Walikota dan Wakil Walikota Gunungsitoli atas dukungannya dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan di Kota Gunungsitoli.

Sementara itu, Wilman Harefa, S.Pd.I dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi mewakili Pihak BKM Al-Furqon Kota Gunungsitoli dan sangat terharu atas kepercayaan dari Pemerintah Kota Gunungsitoli untuk melaksanakan kegiatan akbar ini di Masjid Raya Al-Furqon Kota Gunungsitoli dalam rangka mempersatukan, mempererat ukhuwah dan silaturrahmi yang dijalin Pemerintah dengan masyarakat di Kota Gunungsitoli. Untuk itu, beliau berharap agar silaturrahmi dan kekeluargaan yang telah tercipta dan terawat ini hendaknya akan terus berkelanjutan di masa yang akan datang.

Walikota Gunungsitoli dalam sambutannya menyampaikan rasa kegembiraannya dapat bertemu, bercengkrama dan berbuka puasa bersama-sama dengan masyarakat Kota Gunungsitoli di bulan yang indah ini. Beliau menuturkan bahwa Pemerintah senantiasa mendukung kegiatan yang bersifat amal ibadah seperti ini sehingga dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, menciptakan kerukunan, kedamaian dan cinta kasih di tengah-tengah masyarakat Kota Gunungsitoli terlebih dalam bulan yang penuh berkah ini. Untuk itu, dalam kesempatan ini Walikota mengimbau seluruh masyarakat untuk tetap merawat ukhuwah ini dan menciptakan suasana kondusif, bersikap bijak dan tidak terprovokasi oleh hal-hal yang tidak baik, serta mengajak masyarakat untuk turut mendukung program Pemerintah untuk mewujudkan NKRI yang lebih baik lagi.

Lebih lanjut Walikota memaparkan bahwa pada bulan September 2019 nanti, Kepulauan Nias akan menggelar sebuah event Nasional yakni ajang wisata bahari Sail Nias 2019, dan Kota Gunungsitoli dipercayakan melaksanakan 2 (dua) kegiatan di ajang tersebut yakni Seminar dan Festival Kopi dan Kuliner. "Untuk itu saya sangat mengharapkan agar jenis kuliner maupun kopi yang disajikan dalam ajang Festival nantinya adalah benar-benar produk khas Nias, dan sebagaimana direncanakan bahwa Festival ini nantinya akan diadakan di Taman Yaahowu Kota Gunungsitoli, untuk itu saya sangat mengharapkan bantuan dan dukungan masyarakat dalam penataan kawasan Taman Yaahowu serta memohon maaf jika penataan kawasan tersebut mengganggu kenyamanan saudara-saudara, namun kita (Pemerintah) hanyalah bertekad dan berkeinginan untuk memperindah Kota Gunungsitoli yang sangat kita cintai ini" ujar Walikota menutup arahannya

Acara berlangsung khidmat yang diisi dengan Taushiyah Ramadhan oleh Al-Ustadz Irwansyah Gulo, S.Sos.I yang membahas tentang menjaga dan mempererat tali shilaturrahim. Dalam kesempatan ini juga PHBI menyediakan bingkisan Ramadhan kepada BKM Al-Furqon yang diserahkan langsung oleh Walikota Gunungsitoli.

Turut hadir ASisten Sekda Kota Gunungsitoli, para Kepala Perangkat Daerah Kota Gunungsitoli, MUI Kota Gunungsitoli, Pimpinan Instansi Vertikal Kota Gunungsitoli, para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan, Pimpinan Ormas dan segenap undangan lainnya.***