PALAS-Desa Pagaranbaringin ,Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas(Palas) manfaatkan program dana desa untuk pemberdayaan pembangunan desa.

"Manfaat dana desa dalam meningkatkan pembagunan desa secara langsung  dirasakan manfaatnya oleh warga dalam membuka akses kemajuan desa yang lebih baik,"kata Kepala Desa Pagaranbaringin Humala Lubis ,Selasa(28/5/2019).

Menurut dia, dari tahun ketahun kemajuan pembangunan  sarana dan prasarana didesa terus diprioritaskan untuk pemberdayaan desa yang jauh tertinggal selama ini.

"Prioritas penggunaan dana desa tahun 2019 di Desa Pagaranbaringin menitik beratkan pada pembagunan drainase saluran air dipemukiman warga sehingga terbebas dari genangan air jika musim penghujan," terang Humala.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dana desa yang dikucurkan pemerintah cukup besar manfaatnya yang dirasakan warga secara serta merta untuk kesejahteraan warga dalam menopang peningkatan ekonomi.

"Masyarakat senang karena  dampak ekonomi ke depannya dilingkungan desa semakin membaik karena terbuka akses sarana yang baik," ungkap Kades.

Dia menambahkan dengan adanya pembangunan infrastruktur secara langsung menjadi dasar membangun fondasi yang langsung dirasakan manfaatnya untuk mendorong kemajuan desa menuju kemandirian.*