MEDAN - Kantor SAR Medan ikut mempersiapkan personil dan perlengkapan operasional untuk membantu kelancaran arus mudik Lebaran 2019. Kesiapan ini mereka tegaskan saat menggelar apel Gelar Pasukan Siaga SAR Ketupat Toba 2019 di Kantor SAR Medan,  Jalan Jamin Ginting No.99 Medan, Senin (27/5/2019).

Kepala Kantor SAR Medan, Toto Mulyono mengatakan, personil yang mereka siagakan mencapai 100 personil yang terdiri dari Tim Rescue dan Tim Medis. Mereka akan didukung dengan berbagai peralatan operasional SAR seperti kendaraan maupun kapal yang mereka butuhkan saat bertugas.

"Seluruh petugas dan perlengkapan operasional senantiasa siap untuk sewaktu-waktu dapat diturunkan manakala dibutuhkan," katanya.

Toto menjelaskan, kesiagaan mereka meliputi situasi pada transportasi di darat dengan menggelar patroli pada jalur Medan-Langkat, Medan- Tebing Tinggi,  dan Medan-Dairi ( jalur perbukitan). Kemudian untuk jalur transportasi wilayah perairan mereka juga menyiapkan berbagai peralatan seperti kapal.

"Di laut beberapa peralatan laut seperti kapal RB 203 di Belawan, KN SAR Nakula di Sibolga, RB 301 di Tanjung Balai serta RB412 Parapat  semua ready untuk digunakan mengantisipasi lonjakan angkutan perairan," ujarnya.

Perhatian khusus mereka tempatkan untuk wilayah perairan Danau Toba yang diprediksi akan menjadi salah satu tujuan wisata di masa liburan lebaran 2019. Di Danau Toba menurut Toto mereka juga meningkatkan kekuatan dengan menambah 6 orang personil.

"Siaga di Danau Toba karena merupakan destinasi, kita tahun ini meningkatkan penambahan personil 6 orang diberangkatkan ke danau toba untuk memperkuat kekuatan siaga kita di Danau Toba," terang Toto.***