ASAHAN-Desa Buntu Pane, Kecamatan Buntu, Kabupaten Asahan Pane akan mengikuti lomba desa tingkat Provsu (Provinsi Sumatera Utara) tahun 2019 setelah menjadi juara di tingkat Kabupaten Asahan pada tahun 2018.

Penilaian yang dilakukan oleh tim penilai dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Ketua Tim)Drs. Candra Silalahi, MSi , Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara berlangsung di Aula Kantor Desa Buntu Pane Kecamatan Buntu Pane Jumat (24/05 2019).

Kegiatan itu dihadiri OPD, Para Camat dan Unsur Forkopimcam dan Masyarakat desa Buntu Pane.

Plt. Bupati Asahan Melalui Asisten II Ekbang Jhon Hardi Nasution, S.Sos, MSi, menilai capaian prestasi desa-desa dari Kabupaten Asahan di tingkat provinsi, merupakan hasil yang diraih dengan semangat kerja dari semua elemen masyarakat.

"menurut kami, Desa Buntu Pane cukup representatif menjadi wakil Kabupaten Asahan, karena memiliki program yang melibatkan masyarakat," terangnya.

“Sinergi pembangunan pedesaan yang terkandung dalam visi Kabupaten Asahan mengandung pengertian, bahwa perhatian yang besar terhadap pembangunan pedesaan sebagai muara, fokus pembangunan semakin ditingkatkan dan disempurnakan baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya,” ujar Jhon Hardi.

Jhon Hardi menambahkan, Pemerintah Kabupaten Asahan dengan berbagai kebijakannya telah membuktikan bentuk dukungan dan keberpihakan pada desa.

Menurutnya hal tesebut sebagai dorongan agar desa bisa menggali potensi dan mengembangkan dirinya menjadi maju dan sejahtera.

Lomba desa pada hakikatnya adalah apresiasi atas kerja keras perangkat desa, dalam pelaksanaan tugas rutinnya untuk membangun dan memajukan desa. Menurutnya pembangunan desa memang harus terus berjalan dari waktu ke waktu, baik saat ada penilaian lomba ataupun tidak.

Kepala Desa Buntu Pane Manten Aperi Simbolon, SH menyampaikan expose Keberhasilannya Dalam Memajukan desa Buntu Pane Sehingga Layak diperhitungkan untuk Menjadi Desa Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara.*