Bupati Nias Selatan Hadiri Perayaan HUT BKPN

Bupati Nias Selatan Hadiri Perayaan HUT BKPN
Bupati Nias Selatan beserta undangan saat mengikuti prosesi perayaan HUT BKPN.
Senin, 20 Mei 2019 10:40 WIB
Penulis: Faogomano Harefa
NIAS SELATAN - Banua Keriso Protestan Nias (BKPN) sebagai salah satu organisasi gereja di Indonesia yang berkedudukan di Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan (Nisel), Provinsi Sumatera Utara, menyelenggarakan ibadah syukuran dan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) BKPN ke-25 (17 Mei 1994 – 17 Mei 2019) dilaksanakan Minggu 19 Mei 2019 di Gedung Balai Persekutuan BKPN Jemaat Teluk Dalam.

Momentum ulang tahun perak BKPN ini dihadiri tamu dan undangan diantaranya, Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., bersama Bupati Nias Barat, Faduhusi Daely,S.Pd., sekaligus sebagai Koordinator Forum Kepala Daerah (Forkada) se-Kepulauan Nias. Selain itu, juga turut hadir Ketua DPRD diwakili Anggota DPRD Nuresmi Sarumaha, Kapolres AKBP I Gede Nakti Widhiarta,S.I.K., dan para Kepala OPD lingkup Pemkab Nias Selatan, serta Ketua Umum PGI Wilayah Sumatera Utara, Bishop Darwis Manurung,S.Th.,M.Psi., didampingi Anggota MPH PGI Pdt. Asbon Salomo Manurung,M.Min.

Dalam sambutan Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha, mengharapkan gereja BKPN tetap menjadi contoh dalam menjalankan pelayanan dan perekat di tengah-tengah masyarakat. “BKPN dalam usianya yang ke-25 tahun merupakan usia yang sudah dewasa. Oleh karena itu, diharapkan tetap menjadi orang Kristen yang setia sesuai dengan tema: “Kesetiaan Orang Kristen (Ibrani 10 : 32 – 39),” harap Bupati Hilarius Duha sembari mengakhiri sambutannya mengucapkan selamat dan sukses atas perayaan Hari Ulang Tahun BKPN ke-25 tahun 2019.

Sementara sambutan Bupati Nias Barat, Faduhusi Daely, mewakili tamu dan undangan memberikan apresiasi kepada seluruh warga BKPN yang telah berusia 25 tahun. “Kami yakin dan percaya bahwa dalam usianya yang sedemikian pasti mempunyai banyak capaian dan potensi, baik dalam pelayanan maupun dalam pertumbuhan gereja BKPN. Sebaiknya melalui moment ini, BKPN mampu memanfaatkan capaian dan potensi yang dimiliki untuk meningkatkan pelayanan,” ujar Bupati Faduhusi Daely.

Pada kesempatan itu, Ketua Umum PGI Wilayah Sumatera Utara, Bishop Darwis Manurung,S.Th.,M.Psi., dalam sambutannya mengucapkan selamat dan sukses kepada BKPN yang telah berusia 25 tahun dan juga selamat dan sukses kepada BKPN telah bergabung menjadi Anggota PGI Wilayah Sumatera Utara. “Penetapan BKPN menjadi Anggota PGI Wilayah Sumatera Utara melalui Keputusan Sidang MPL PGI Wilayah Sumatera Utara pada tanggal 23 s/d 25 April 2019 di Samosir,” ungkap Darwis Manurung.

Penetapan BKPN menjadi Anggota PGI Wilayah Sumatera Utara ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan Majelis Pekerja Harian Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia Wilayah Sumatera Utara Nomor: 087/K/PGI-WSU/IV/2019 tanggal 30 April 2019 diserahkan oleh Ketua Umum PGI Wilayah Sumatera Utara, Bishop Darwis Manurung,S.Th.,M.Psi., kepada Majelis Pekerja Harian Sinode BKPN seusai menyampaikan sambutan.

Perayaan HUT BKPN ke-25 Tahun 2019 dirangkai berbagai kegiatan yang diawali ibadah dengan pengkhotbah Pdt. Budianto Lim,S.Kom.,Th.M.,D.W.S., dari STT Reformed Jakarta dan liturgos Pdt. Ade Prihatini Wau,S.Th. Panitia mengusung tema : “Kesetiaan Orang Kristen (Ibrani 10 : 32 – 39) dan Sub Tema : Dengan memperingati hari ulang tahun BKPN ke-25 tahun 2019, kita tingkatkan kesetiaan beribadah, melayani Tuhan dan sesama. Acara ibadah dimeriahkan dengan persembahan koor yang memukau dari BKPN Jemaat Teluk Dalam, BKPN Jemaat Bawomataluo dan BKPN Jemaat Hilinawalo Fau.

Seusai kebaktian dilanjutkan peluncuran (launching) buku sejarah BKPN yang ditandai dengan pembacaan dan penandatanganan naskah oleh Ephorus, Pdt. Arozisokhi Hulu,M.Min., didampingi Sekjen Pdt. Alvius Wau,M.Th., dan Bendahara Umum BKPN Pdt. Yesaya Zagoto,S.Th. Disertai pemotongan kue ulang tahun oleh MPHS yang disaksikan tamu dan undangan. Lalu diakhiri dengan jamuan kasih dan kata penutup oleh Wakil Ketua Panitia SMK. Sanehaoni Bidaya,SE.,M.I.P.

Ads
Kehadiran tamu dan undangan dari luar Pulau Nias disambut antusias Panitia. Hal ini tampak pada saat BKPN memberikan cenderamata berupa pakaian adat sebagai ciri dan khas budaya Nias Selatan kepada Ketua Umum PGI Wilayah Sumatera Utara, Bishop Darwis Manurung,S.Th.,M.Psi., Anggota MPH PGI Pdt. Asbon Salomo Manurung,M.Min., Pdt. Budianto Lim,S.Kom.,Th.M.,D.W.S., dan Ev. Lidya Siah dari STT Reformed Jakarta serta Pdt. Richard Aruan,MA., selaku Konsultan dan Pendeta Misionaris BKPN.

Masing-masing cenderamata diserahkan Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha, Bupati Nias Barat, Faduhusi Daely, Kapolres Nias Selatan, AKPB I Gede Nakti Widhiarta,S.I.K., mewakili Pimpinan dari berbagai denominasi gereja se-Kepulauan Nias oleh Pendeta Bala Keselamatan dan mewakili Ketua DPRD Nias Selatan, Nuresmi Sarumaha.

Sebelumnya, Ketua Panitia Penyelenggara, Hans Martin Wau,SE., melaporkan beberapa kegiatan dalam rangka perayaan HUT BKPN ke-25 Tahun 2019, diantaranya: Seminar Sejarah BKPN tanggal 11 Mei 2019, Seminar Pemuda se-BKPN tanggal 16 Mei 2019 dan Seminar Pelayan se-BKPN tanggal 17 Mei 2019. Selain itu, Panitia juga telah melaksanakan renovasi Kantor Sinode BKPN yakni pengecatan pagar dan pembersihan halaman Kantor Sinode.

Pelaksanaan seluruh rangkaian acara terlaksana dengan baik, tertib dan lancar serta selesai tepat waktu. Berbagai kalangan menilai acara tersebut telah dipersiapkan dengan baik oleh Panitia. Walaupun Sarumaha,S.Pd.,M.A.,M.I.P., sekalu pembawa acara (Master of Ceremony) sekaligus sebagai Sekretaris  Panitia mengucapkan banyak terima kasih atas segala dukungan semua pihak, sehingga perayaan HUT BKPN ke-25 Tahun 2019 terlaksana dengan baik, dan memohon maaf bila ada kekurangan dan kelemahan.***
wwwwww