MACAO – Terletak di sebelah Macao Museum of Art in Avenida Xian Xing Hai (N.A.P.E.), lokasi museum ini merupakan tempat yang sama ketika digunakan pada acara seremoni bersejarah penyerahan kembalinya Macao kepada Cina pada tanggal 20 Desember 1999. Untuk merayakan terbentuknya Macao Special Administrative Region, tempat seremoni ini kemudian dijadikan sebagai bagian dari Macao Cultural Centre.

Rombongan wartawan dari Asia Tenggara yang diundang Hong Kong Tourism Board 6-10 Mei 2019 (termasuk GoSumut.com) berkesempatan mengunjungi Museum Penghargaan di Macao ini.

Museum ini dibangun untuk memperingati momen yang sangat penting dalam sejarah moderen Macao yakni kembalinya Macao ke Cina. Konstruksi museum berlangsung dari Maret 2003 hingga Oktober 2004.

Museum yang terdiri dari tiga lantai ini dibuka tepat pada perayaan ulang tahun ke-5 kembalinya Macao ke Cina. Lantai pertama merupakan area pintu masuk dan lobi dan juga terdapat kantor administrasi pengelola museum. Lantai kedua museum adalah tempat dipajangnya 56  hadiah yang diberikan untuk Macao dari berbagai negara bagian Republik Rakyat Cina, provinsi, kota, kelompok etnis, daerah otonomi khusus termasuk Uighur dan Hong Kong Special Administrative Region untuk merayakan kembalinya Macao ke Cina dari Portugis. Lantai ketiga merupakan auditorium yang difungsikan untuk mengadakan berbagai acara atau pegaleran budaya dan sejarah.

Kedepannya, museum ini tidak hanya akan menjadi tempat pameran hadiah tetapi juga menjadi sarana untuk mengadakan berbagai pertunjukan dan pagelaran untuk memperkenalkan pengembangan kebudayaan lokal.***