PALAS-Sebanyak 30 nama yang diperdiksikan lolos jadi anggota DPRD Kabupaten Padang Lawas (Palas) dari tahapan rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara pemilu tahun 2019.

Dari tiga puluh nama yang diprediksikan melenggang jadi anggota DPRD Kabupaten dari masing-masing Parpol yang meraih perolehan suara untuk jatah kursi DPRD Palas.

  Berdasarkan hasil perolehan suara hasil rapat pleno  KPU Palas terdapat 30 nama caleg yang diprediksi bakal menduduki kursi DPRD Kabupaten Palas.

  Atas raihan perolehan suara ,Caleg  Partai Golkar diprediksikan mendapat jatah 5 kursi masing -masing diisi oleh  H Nukman Harahap, H.Syahwil Nasution, H.Lokot Nasution, Amran Pikal Siregar dan Hamidi Pasaribu dengan perolahan suara keseluruhan 19.816 suara dari daerah pemilihan 1 sampai 5.

  Caleg dari Partai Hanura diprediksikan mendapat jatah  4 kursi  masing-masing diisi oleh H.Irsan Bangun Harahap, Maraganti Hasibuan,Irwin Suwandi Harahap, Muara Kumpul .ST dengan perolehan suara keseluruhan 16.116 suara dari Dapil 1,2 ,3 dan 5.

Caleg dari PAN diprediksikan mendapat jatah 4 kursi masing -masing diisi oleh ,Supriadi Halomoan Hasibuan, Mohammad Ike T.Hasibuan , Sahrun Hasibuan , Agus Nasution dari Dapil 1,3,4 dan 5.

  Caleg dari Partai Gerindra diprediksikan mendapat jatah 3 kursi masing-masing diisi oleh , Romi Parmonangan Nasution, H.Torkis Afgani Haaibuan, Luat Hasibuan dengan perolehan suara keseluruhan 15.213 suara ,dari Dapil 2,4 dan 5.

Caleg Partai PKB diprediksi mendapat jatah 3 kursi masing-masing diisi oleh H.Fahmi Anwar Nasution ,Elfin Hamonangan Harahap, Arifin Hasibuan.M.Pdi ,dengan perolehan suara keseluruhan 14.070 suara dari Dapil 1,3 dan 5.

  Kemudian Partai Demokrat diprediksikan mendapat jatah 3 kursi masing -masing diisi oleh Drs Jamaluddin Hasibuan Mhd Dayan Hasibuan dan Hasan Basri Hasibuan dengan perolehan suara keseluruhan 11.196 suara dari Dapil 1,4 dan 5.

Caleg Partai PPP mendapat jatah 2 kursi, masing-masing diisi oleh,Raja Parlindungan Nasution dan Kholid Mulia Daulay ,dengan total perolehan suara keseluruhan 9.052 suara dari Dapil 1dan 3.

  Partai Nasdem mendapat jatah 2 kursi, diisi oleh Mhd Alwi Lubis dan Raja Aslin Sinaloan ,dengan perolehan suara keseluruhan ,8.856 suara dari Dapil 1dan 2.

Sementara Partai PDIP hanya satu kursi diisi oleh Jenti Mutiara (6.863 suara) dari Dapil 4 dan Partai PKS hanya  satu kursi diisi oleh H.Puli Parisan Lubis  (6.709 suara) dari Dapil 2 Partai PSI hanya satu kursi diisi oleh Nanda Servinta Muda Hasibuan (2.514 suara) dari Dapil 3 dan Partai PKPI diisi oleh Burhanuddin Daulay ( 2000 suara ) dari Dapil 3.

  Komisioer  KPU Amran Pulungan mengatakan, pihaknya belum dapat menyebutkan nama-nama caleg Kabupaten Palas yang diprediksi lolos sebab penentuannya setelah melalui metode penghitungan 'Sainte Lague'.

"Kita masih sebatas mengumumkan  hasil perolehan suara saja untuk para caleg  kabupaten. Belum bisa diberi tahu secara rinci  karena masih menunggu penetapan secara resmi,"ujar  Amran,Senin (13/5/2019) saat dikonfirmasi wartawan.*