MEDAN-Rumah menjadi kebutuhan utama setiap orang. Namun tak sedikit masyarakat Indonesia memiliki rumah dengan kondisi tak layak.

Pemerintah pada tahun 2015 mendata rumah tak layak huni yang berdiri saat itu mencapai 3,4 juta unit. Melihat jumlah rumah tak layak huni ini, Global Zakat-Aksi Cepat Tanggap (ACT) sejak Juni 2018 lalu memulai program Rumah Bahagia. Program ini memungkinkan keluarga yang kondisinya masih dalam tahap prasejahtera memiliki tempat tinggal yang layak.

Apiko Joko Mulyono dari tim Global Zakat-ACT menjelaskan, program Rumah Bahagia telah merenovasi empat rumah yang tersebar di beberapa lokasi sejak pertama kali program ini diluncurkan. Targetnya ialah mereka yang keadaan ekonominya masih dalam kondisi prasejahtera. “Kami memprioritaskan rumah yang dihuni lansia, fakir, dan miskin, hingga keadaan rumah yang sudah sangat tak layak huni,” katanya melalui rilis tertulisnya, Senin (13/5/2019).

Apiko menambahkan, untuk desain bangunan baru disediakan. Ukurannya akan mengikuti luas tanah yang dimiliki penerima manfaat. Ruangan di dalamnya akan disediakan kamar tidur, kamar mandi, serta ruang tamu.

Pada Kamis (25/4), tim RUMAH. “Melihat kondisi rumahnya, ini akan dibangun ulang karena tak ada fondasi jika hanya direnovasi,” kata Apiko.

Sejak tahun 1996, Jae tinggal di Desa Jagabita. Di tahun itu juga rumah yang ditempatinya berdiri. Tak ada renovasi besar selama 23 tahun ini, hanya beberapa kali bagian yang rusak diperbaiki, itu pun menunggu bantuan dari orang lain. “Terakhir dapat bantuan genting biar enggak bocor kalau hujan,” kata Jae.

Di hari itu juga, rumah Jae langsung dibongkar untuk kemudian dilakukan renovasi. Namun, Nur Nurjannatunaim dari tim Global Zakat-ACT menambahkan, keadaan rumah yang sudah memprihatinkan membuat kediaman Jae perlu dibangun ulang. “Kondisi rumah enggak mungkin hanya direnovasi, tak ada fondasinya, jadi kami bangun dari nol lagi di atas lahan yang dimiliki Pak Jae,” ungkap Nur.

Tak hanya rumah Jae, di Jagabita masih terdapat rumah lain yang akan diperbaiki. Proses pembangunan diperkirakan akan memakan waktu maksimal tiga minggu. Harapannya, Jae sudah dapat menempati rumah barunya saat Idul Fitri yang akan jatuh sekitar awal bulan Juni mendatang.*