LABUHANBATU - Kapolsek Bilah Hilir, AKP Hery Prasetyo melakukan sosialisasi, pembinaan dan penyuluhan dalam rangka menjaga, memelihara situasi kamtibmas agar tetap kondusif khususnya pada bulan suci Ramadhan, Jumat (3/5/2019) sekira pukul 10.05 di Aula Mapolsek Bilah Hilir Jalan Besar Negeri Lama, Kelurahan Negeri Lama, Kecamatan Bilah Hilir.

Penyuluhan ini mendapat sambutan positif dari Ketua MUI Erwinsyah S. Ag. Dirinya mengucapkan terimakasih atas kegiatan yang tlh diselenggarakan Kapolsek Bilah Hilir dan berharap situasi kondusif selama bulan suci Ramadhan.

"Kami dari MUI Berharap untuk bersama-sama kita menjaga ketertiban dan kenyamanan di bulan suci Ramadhan. Kami berharap kepada umat muslim untuk menjaga bersama-sama di bulan suci ini dan kepada Umat Nasrani mari kita sama-sama menghargai umat Islam yang melaksanakan ibadah puasa," ungkapnya.

"Harapan kami dari MUI kepada Muspika, bagi masyarakat yang menjual mercon agar kiranya kita tertibkan, karena pada saat sholat Tarawih suara mercon dapat menggangu kekhusukan ibadah," timpalnya.

Di tempat yang sama, Ketua PAC PP Bilah Hilir, Herry Ritonga mengapresiasi Kapolsek yang sudah membuat sosialisasi dalam menyambut bulan suci Ramadhan ini terutama kepada pengusaha minuman dan Kafe.

"Kepada Organisasi atau OKP mari kita bantu pihak kepolisian untuk menertibkan mercon agar terciptanya keamanan dan Kekhusukan beribadah umat islam yang melaksanakan sholat tarawih di wilayah kita," terangnya.

Begitu juga dengan Camat Bilah Hilir, Bangun Siregar. Dia turut mengucapkan terimakasih kepada Kapolsek yang telah menyelenggarakan sosialisasi, pembinaan dan penyuluhan dalam rangka menjaga, memelihara situasi kamtibmas agar tetap kondusif khususnya pada bulan suci ramadhan.

Pihak kecamatan siap mendukung dan mensukseskan serta bersama-sama menciptakan situasi yang aman dan kondusif selama bulan suci Ramadhan.

"Saya mengharapakan kepada pengusaha kafe dan penjual tuak agar nantinya kita bisa kerjasama menciptakan situasi yang kondusif dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Kepada pengusaha atau penjual tuak, harapan kami semasa bulan suci Ramadhan agar menutup kedai tuaknya," tegasnya.

Dirinya juga mengajak umat Islam yang menjalankan ibadah puasa untuk bersama-sama menjaga selama bulan suci ini.

"Jangan pula kita yang menjadi pemicu dengan tidak berpuasa kita merokok di jalan," bebernya.

Danramil 09 Kapt. Inf. Sofyan Sukri Nst menghimbau masyarakat yang mempunyai kafe dan penjual tuak untuk bersama-sama saling menghargai dan menjaga keharmonisan umat beragama dalam menyambut bulan suci Ramadhan.

"Di sini kita sampaikan kepada pengusaha kafe agar nantinya pada saat bulan suci Ramadhan agar tutup, karena dapat menganggu umat islam yang melaksanakan puasa," pintanya.

Kapolsek Bilah Hilir, AKP Hery Prasetyo mengharapkan dukungan dan kerjasama kepada seluruh unsur di kecamatan serta pemilik usaha kafe maupun kedai tuak.

"Kepada pemilik kedai tuak dan kafe untuk tidak melakukan aktifitasnya selama bulan suci Ramadhan," tegasnya.

Pihaknya juga akan melaksanakan penertiban knalpot blong sebelum puasa. Penertiban ini diharapkan didukung oleh Muspika yaitu Camat dan Danramil dengan mengedepankan personel Pos Lantas Bilah Hilir.

"Rencananya pada Sabtu (4/5/2019) akan dilaksanakan penempelan selebaran-selebaran bagi pemilik kedai tuak," tandasnya.