PALAS-Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Padang Lawas (Palas) melaksanakan pelatihan kesehatan ikan dan lingkungan di Desa Sangkilon,Selasa (30/4/2019).

Peserta pelatihan terdiri dari perwakilan kelompok tani ikan  dari beberapa desa di Kabupaten Palas , termasuk kelompok UEB karang taruna Bintang PIP divisi perikanan Desa Pasar Ipuh, Kecamatan Ulu Barumun.

Acara pelatihan tersebut di buka Kadis Perikanan dan Peternakan Palas Ir.Abu Bakari duwakili Sekretaris Dinas Perikanan dan Peternakan Ir Ali Amrin.

"Kita tidak lagi berbicara tentang kwantitas namun sudah mengarah pada kualitas ikan yang kita hasilkan, apakah sehat untuk di konsumsi masyarakat kita,”jelasnya.

Nara sumber  dari Dinas Perikanan Provinsi Sumatera Utara, Retno Wira Wulan dan Supriady mengatakan, pelatihan ini membahas seputar  kualitas dan kesehatan ikan sangatlah penting karena di butuhkan untuk persaingan pasar dan kelancaran usaha di bidang perikanan.

Di samping itu, kata Supriadi, untuk bertahan dalam persaingan pasar diperlukan ketelitian dalam merawat ikan, terutama menjaga kesehatan ikan.

"Karena Ikan yang kurang sehat bila di konsumsi akan berdampak pada tubuh manusia bisa menyebabkan keracunan ,maka kita harapkan para peserta pelatihan ini agar benar benar menekuni apa-apa materi yang disampaikan nantinya,” terangnya.

Pantauan di lokasi, pembekalan materi dan praktek cara memvaksinasi ikan air tawar  bersisik dan tak bersisik dengan cara pencampuran vaksin langsung ke air dan juga injeksi dipraktekan secara langsung oleh pihak Dinas Perikanan dan Peternakan.*