Palas-Pemerintah Desa Arsesimatorkis Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas(Palas)  menggelar lomba  tempat pemungutan suara (TPS) terbaik dengan kategori pelayanan dan tercepat perhitungan serta terindah.

  Lomba TPS ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu serentak 2019 di desa tersebut ,sehingga warga berbondong-bondong datang ke TPS untuk menyalurkan hak pilihnya.

Perlombaan TPS ini dengan Tim  penilainya terdiri dari Kepala Desa, Ketua TP PKK Desa, Ketua BPD, Ketua LPMD ,Tokoh masyarakat.

Kreteria penilaian yaitu kreaktif cepat dan tepat, keindahan TPS, Kesigapan anggota KPPS, Pelayanan terhadap pemilih dan lainnya yang dianggap menunjang penambahan nilai.

Kades Arsesimatorkis Maragende Hutasuhut mengatakan tujuan lomba TPS untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memilih dan memeriahkan Pemilu 2019, Rabu(17/4/2019) disela menerima kunjungan Bupati Palas H Ali Sutan Harahap yang menyaksikan pencoblosan di tiga TPS yang diperlombakan.

Maragende mengatakan,  lomba TPS yang digagas Pemerintah desa ini sebagai kontribusi masyarakat dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2019, termasuk dalam menciptakan kondisi lingkungan yang aman dan kondusif.

Pemerintah desa,kata dia, menyiapkan hadiah berupa uang tunai kepada TPS juara 1 sebesar Rp 1.500.000,juara 2 sebesar Rp 1.000.000 dan juara 3 sebesar Rp 500.000.

Sementara itu, Bupati Palas H Ali Sutan Harahap (TSO) memberikan apresiasi kepada pemerintah desa Arsesimatorkis  melaksanakan perlombaan TPS didesa yang dipimpinnya.

  “Kesuksesan pesta demokrasi ini merupakan tanggung jawab bersama, termasuk Kepala Desa . Mari bersama tingkatkan koordinasi dan komunikasi serta bersinergi agar kelancaran pelaksanaan Pemilu 2019  bisa diwujudkan dengan baik ,"kata Bupati.

Penyataan senada juga disampaikan Ketua Bawaslu Palas Rahmat Efendi Siregar. Menurut Rahmat , melalui perlombaan TPS ini sebagai terobosan yang menggugah masyarakat untuk meningkatkan partisipasi pemilu sehingga peran serta masyarakat memiliki andil penting untuk mensukseskan pesta demokrasi.*