MEDAN-Pemilihan umum (Pemilu) serentak tinggal menghitung hari. Semua bersiap-siap dalam pesta demokrasi ini. Begitu juga rumah sakit milik pemerintah di Medan yang akan menyediakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) mobile (bergerak) yakni mendatangi langsung pemilih yang sedang terbaring sakit di ruang rawat inap.

Seperti Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik yang merupakan rumah sakit pusat rujukan di Wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) sehingga banyak pasien yang berasal dari luar Kota Medan.

"Untuk dapat menyalurkan hak suaranya, pasien dan keluarga pasien cukup menunjukkan formulir pindah memilih atau A5," kata Kasubag Humas RSUP H Adam Malik Rosario Dorothy Simanjuntak Selasa (9/4/2019).

Ia menyebut Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kecamatan Medan Tuntungan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan sudah mengunjungi pihaknya mengadakan sosialisasi pindah memilih jelang Pemilu serentak.

"Melalui sosialisasi kemarin, diharapkan pasien dan keluarga pasien tidak kehilangan hak suaranya pada Pemilu nanti," ucap perempuan yang disapa Ocha seraya berkata  H-1 Pemilu pihaknya akan mendata pasien maupun keluarga pasien yang ingin menggunakan hak pilihnya.

Hal senada, Kasubag Humas & Hukum RSUD Dr Pirngadi Medan Edison Perangin-angin mengatakan PPS Kelurahan Perintis akan melakukan TPS mobile dari pukul 12.00-13.00 WIB, dengan mendatangi pasien ke ruangan rawat inap.

"PPS sudah melakukan sosialisasi kepada kita guna mengimbau kepada pasien dan keluarga pasien mengurus A5 agar dapat menggunakan hak pilihnya. Imbauan itu sudah kita sampaikan seminggu yang lalu hingga sekarang," jelas Edison.

Ia menyebut tiga hari sebelum hari H pemilihan, pihaknya mendata pasien dan keluarga pasien yang mendampingi menggunakan A5 untuk memilih. "Jadi, dii H-1 pemilihan, kita tinggal mapping ruangan mana saja yang membawa A5. Tujuannya supaya tidak habis waktu kerja," imbuhnya.*