SETIAP momen lebaran tiket kereta selalu ludes terjual dalam waktu yang singkat. Menunggu pembatalan tiket dan kereta tambahan lebaran merupakan salah satu solusi.

Harga murah dan kenyamanan selama perjalanan membuat banyak pemudik yang lebih memilih pulang kampung dengan menumpang kereta api. Selain itu, perjalanan dengan si ular besi ini pun dipastikan tepat waktu, bebas macet yang bisa membuat stress dan lelah berlipat ganda. Tak heran bila tiket kereta Lebaran selalu habis sejak jauh hari, karena semua orang berburu kenyamanan mudik yang murah meriah.

Penjualan tiket mudik sudah dimulai oleh perusahaan kereta api Indonesia sejak H-90 Lebaran. Bahkan hanya dalam waktu beberapa jam setelah loket dibuka biasanya langsung ludes. Pun dengan tahun ini, tiket mudik sudah habis terjual, tetapi kamu masih bisa beli tiket kereta tambahan Lebaran buat pulang ke kampung halaman.

Tetapi perburuan tiket kereta tambahan Lebaran pun perlu trik. Agar tidak  kehabisan, begini caranya.

Siapkan Rute Alternatif

Sebelum memulai perburuan tiket kereta tambahan Lebaran, siapkan dulu tanggal cuti dan liburan semua anggota keluarga. Setelah mendapatkan tanggal mudik dan balik, siapkan rute alternatif sebagai rencana cadangan.

Perlu menyiapkan hal ini karena segala kemungkinan bisa terjadi. Ketika kamu sudah punya rute alternatif, yang bisa ditempuh dengan kereta lanjutan, maka ketika kehabisan tiket kereta langsung kamu nggak pening. Beberapa pilihan kereta lanjutan bisa dilihat dengan mudah di aplikasi Traveloka, berikut perkiraan harga untuk tanggal yang kamu pilih.

Siapkan Data Penumpang

Saat beli tiket kereta tambahan Lebaran, data penumpang adalah hal penting. Data ini bisa menghambat proses pembelian jika tidak disiapkan sejak jauh hari. Siapkan nama lengkap semua penumpang, tanggal lahir dan juga nomor kartu identitas masing-masing anggota keluarga.

Biar proses pembeliannya lebih cepat, simpan data penumpang di fitur Quick Pick yang ada di Traveloka. Dengan fitur ini, ketika kamu hendak membeli tiket, tinggal pilih nama penumpang yang akan berangkat sesuai daftar. Hanya dalam hitungan detik, data penumpang sudah masuk dan proses pembelian tiket bisa dilanjutkan.

Manfaatkan Fitur Seat Alert

Untuk beli tiket kereta tambahan Lebaran ternyata semua kursi sudah habis, tidak perlu berkecil hati. Kerap kali terjadi pembatalan dari penumpang lain dan kesempatan itu bisa kamu manfaatkan untuk dapat tiket mudik.

Agar tak ketinggalan kursi yang dibatalkan penumpang lain, manfaatkan fitur seat alert di Traveloka. Ketika ada tiket yang dibatalkan, kamu akan otomatis mendapatkan pemberitahuan bahwa kursi kembali tersedia untuk rute dan tanggal yang sudah ditentukan.

Pastikan Koneksi Internet Lancar

Berburu tiket kereta online memang mudah dan hemat waktu serta tenaga. Tetapi agar proses perburuan berjalan lancar, pastikan koneksi internet kamu lancar agar tidak ketinggalan notifikasi. Koneksi yang lancar juga bisa jadi penentu keberhasilan transaksi pembelian tiket kereta tambahan Lebaran. Jadi, cek dulu kuota sebelum memulai pencarian tiket mudik ya.

Pilih Metode Pembayaran Tercepat

Saat ini, metode pembayaran tiket tercepat di Traveloka adalah dengan menggunakan kartu kredit. Data dari kartu ini bisa disimpan terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi digital. Tak perlu khawatir dengan keamanan datanya, sudah dijamin sepenuhnya oleh online travel agent terbesar di Indonesia ini.

Bila memiliki kartu kredit, pembayaran dengan Traveloka Pay juga bisa jadi metode pembayaran tercepat. Isi dulu saldonya sesuai dengan nominal yang diperlukan, baru kemudian buru tiket kereta tambahan Lebaran.

E-tiket kereta mudik sudah di tangan, sekarang waktunya menyiapkan keperluan mudik yang lain. Selamat mudik Lebaran!.***