SERGAI-Ribuan peserta lomba gerak jalan di selenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serdang Bedagai sangat meriah dalam rangka pemilu RUN 2019 dengan tema pemilu serentak Damai Melangkah Bersama di Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdangbedagai bertempat di lapangan Socfindo Matapao, Minggu(7/4/2019) pagi.

Pelepasan lomba gerak jalan secara langsung dilepas Soekirman didampingi Ketua KPUD Erdian Wirajaya, Sekretaris KPU Eka Darma Surbakti, Waka Kompol Hennri Sibarani, Camat Teluk Mengkudu, Romian Parulian Siagian, Perwakilan Dandim 0204/DS, Perwakilan Kapolres Polres Tebingtinggi, Kapolsek Teluk Mengkudu, AKP. JH. Tarigan, Bawaslu Sergai dan Komisioner KPU Sergai.

Bupati Sergai, Ir. H. Soekirman dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada seluruh masyarakat Serdangbedagai khususnya KPU Serdangbedagai sejak enam bulan ini sudah bekerja secara profesional dalam menjalankan fungsinya dalam waktu yang diselenggarakan dalam pemilu serentak.

"Pemilu yang pertama kali dimulai tahun 1955 dan berlanjut hingga sekarang. Artinya pemilu terus berkelanjutan atau suistanable dan saat ini adalah pemilu yang termahal dengan anggaran mencapai Rp.200 triliun," ucap Bupati Soekirman.

Menurutnya, selama dua bulan ini KPUD Sergai saat ini telah menyiapkan segala sesuatunya, seperti, surat suara dan logistic lainnya untuk di distribusikan ke TPS.

Bupati mengingatkan agar penyelenggaraan pemilu berjalan aman, lancar dan tingkat partisipasi pemilih diharapkan mencapai diantas 80 persen, meskipun belum pernah di Sergai mencapai diatas 90 persen. Untuk itu, sambungnya, ia menghimbau agar semua warga yang mempunyai hak pilih untuk datang ke TPS dan mencoblos pilihannya dan jangan golput.

Dalam kesempatan ini, Waka Polres Sergai, Kompol Hennri Sibarani juga menyampaikan untuk mengajak seluruh masyarakat sergai untuk datang ke TPS. "Silahkan pilih hak anda saat datang di TPS nanti dan jangan Golput dalam pemilihan Pileg dan pilres. Polri dan TNI siap mengamankan pemilu serentak tahun 2019 ini agar pemilihan umum pileg dan pilpres ditahun ini damai dan tentram," tutur Waka Polres Sergai, Kompol Hennri Sibarani.

Dalam kegiatan perlombaan gerak jalan pemilu run yang di-ikuti masyarakat dan berbagai komunitas sepeda ontel, sepeda gunung, pemilih pemula dan penyelenggara pemilu, PPK,PPS, KPPS, Relawan Demokrasi, Bawaslu dan jajaran serta undangan.

Dalam kesempatan itu, Ketua KPU Sergai, Erdian Wirajaya, dan Komisioner lainnya, Bawaslu, Bupati, Dandim, dan unsur Forpimda pengurus Parpol menanda tangani Pemilu Damai Siap Menang Siap Kalah. Acara juga dimeriahkan dengan hiburan marching band, lepas balon dan door prize dengan hadiah yang cukup menarik.*