PALAS-Pemkab Padang Lawas (Palas) melalui  Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar rapat monitoring, pemantuan, perkembangan politik pelaksanaan Pilpres dan Legislatif pada  Pemilu tahun 2019 Jumat (5/4/2019) di pendopo rumah dinas Bupati Palas Jalan Ki Hajar Dewantara Sibuhuan.

Bupati Palas H Ali Sutan Harahap (TSO) diwakili Sekda Arpan Nasution mengajak masyarakat untuk sukseskan pemilu. Agar berjalan kondusif tanpa ada permasalahan ditengah masyarakat.

Sekda menegaskan, pemerintah kecamatan segera melaporkan semua perkembangan dan permasalahan yang terjadi diwilayah kerja kepada Kesbangpol maupun KPUD Palas serta Bawaslu Palas.

Sekda berharap kepada semua pihak untuk dapat meningkatkan peran dan fungsi kinerja, dalam memelihara keamanan dan ketertiban agar tercipta keadaan Kabupaten Barito Utara yang damai, aman dan kondusif.

“Rapat ini bertujuan untuk mengetahui progres dan kesiapan dari tahapan-tahapan pemilu yang sudah dan akan dilaksanakan serta membangun sinergitas dengan stakeholder lainnya, dan juga sebagai salah satu bentuk dukungan serta upaya untuk menjaga kondusifitas daerah dalam rangka mensukseskan penyelenggaraan pemilu serentak tanggal 17 April 2019 di daerah ini,” katanya.

Secara teknis katanya lagi, pelaksanaan pemilu yang bertanggung jawab secara formal adalah penyelenggara pemilu yaitu KPU dan Bawaslu. Namun pemerintah daerah juga mempunyai fungsi fasilitator untuk mendukung penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2019 tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Lebih lanjut dikatakannya, persoalan-persoalan yang muncul akhir-akhir ini adalah adanya bahaya disintegrasi yang disebabkan praktek money politik, ujaran kebencian, berita hoax dan isu sara yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Sementara Asisten I Bidang Pemerintahan GT Hamonangan Daulay mengatakan,ada beberapa indikator permasalahan atau perkembangan saat ini diantaranya tentang permasalahan tapal batas Kabupaten Palas dengan Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta ) yaitu diwilayah Perkebunan.Bukit Harapan Patogu Janji ,Kecamatan Barumun Tengah.

Dijelaskan, sebagian pemilih ada yang ikut memilih di Kabupaten Paluta."Saya meminta Disdukcapil turut serta melaksanakan perekaman agar  bisa dikeluarkan surat keterangan (Suket)  Permasalahan lainnya ,kata dia , di wilayah Kecamatan.Sihapas Barumun dengan Desa Naga Saribu dan Desa Simartolu Kecamatan Sosopan,Kabupaten Palas dengan Pasar Matanggor Kabupaten Paluta serta Kecamatan Hutarajatinggi dan Batang Lubu Sutam,Kabupaten Palas dengan Provinsi Riau (pemilih antar Provinsi).

GT Hamonangan meminta Pimpinan OPD turut serta mendukung sukses pelaksanaan pemilu 2019 dan 3 H agar seluruh OPD melaksanakan monitoring.

Asisten I Setdakab Palas juga mengimbau Kasat Satpol agar dipersiapkan Linmas yang sumber gajinya dari anggaran KPUD Palas.

"Tindakan yang pelenggaran yang paling rentan yaitu Money Politik Juga kotak suara yang terbuat dari kardus juga menjadi perhatian agar tidak rusak tetap dalam keadaan disegel,"ungkap GT Hamonangan.

Terkait masalah DPT,lanjut dia, sebelum tanggal 17 April 2019 harus sudah diperbaiki, begitu juga terkait penerangan lampu dan pengamanan harus ditingkatkan karena pada Pileg tahun 2014 kejadian di kantor Kecamatan Sosa.

Ia berpesan agar para camat mengajak masyarakat memilih diwilayahnya sebanyak 80 persen dan juga memerintahkan anggotanya turun kelapangan untuk melaksanakan monitoring.

Ketua KPUD Palas Indra Syahbana Nasution SH mengatakan minus 7 hari sebelum pemilihan 17 April 2019 harus mengurus A5 agar dapat memilih yang biasanya dikarenakan sakit,tahanan dan tugas.

Ditegas Indra ,kotak suara yang dibuat harus transparan dikarenakan sudah sesuai prosedur. "KPUD berharap kerjasama yang baik antara PPK dan pihak Kecamatan dan seluruh elemen agar pelaksanaan pemilu 2019 berjalan sukses," harap Indra.

Hadir dikegiatan rapat monitoring Ketua Bawaslu Rahmat Efendi Siregar, Kapolres Tapsel diwakili Kapolsek Barumun AKP Sudirman .SH ,Dandim 0212/TS diwakili Perwira Penghubung Mayor Inf.Sondi Pasaribu dan Danramil 08 Barumun Kapten Inf.Fahri Batubara.Pimpinan OPD dan Camat se Kabupaten Palas.*