LABUHANBATU - Pelaksana tugas Bupati Labuhanbatu, H Andi Suhaimi Dalimunthe menerima penghargaan Nirwasita Tantra Award 2018 dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia atas partisipasinya dalam penghargaan Dokumen Informasi Kinerja pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) 14 Maret 2019 di Pekanbaru-Riau.

Hal tersebut terungkap saat Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Labuhanbatu H. Kamal Ilham bersama Kabid Tata Lingkungan Sortauli T Manurung dan Kasie Inventarisasi KPPLH dan KLHS Erna Puspitasari, melaporkan kepada Plt. Bupati Labuhanbatu, Andi Suhaimi Dalimunthe, Senin (1/4/2019) di Ruang Kerja Bupati Labuhanbatu.

Terkait dengan penghargaan Nirwasita Tantra Award 2018 ini, Kasie Inventarisasi KPPLH dan KLHS Dinas Lingkungan Hidup Erna Puspitasari menjelaskan, ini adalah penghargaan Nirwasita Tantra Award 2018 atas kinerja dan kebijakan Bupati Labuhanbatu tentang pengelolaan lingkungan hidup secara strategis.

Isu strategis itu, imbuh Kepala Bidang Tata Lingkungan DLH Kabupaten Labuhanbatu Sortauli T Manurung, antara lain mengenai kualitas air, susupan lahan, perubahan iklim dan persampahan.

"Artinya apa yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu terhadap isu-isu strategis tersebut ternyata telah mebuahkan hasil yang cukup baik. Ini adalah partisipasi kita untuk ikut terlibat didalam susunan-susunan dokumen itu yang dilaksanakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Untuk Provinsi Sumatera Utara ada 8 kabupaten/kota yang berpartisipasi dan kita mendapatkan peringkat pertama untuk Sumatera Utara, tetapi untuk tingkat nasional kita hanya dapat nominasi di urutan ke-24 dari seluruh kabupaten/kota," jelas Sortauli.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Labuhanbatu H. Kamal Ilham dalam keterangannya mengatakan, penghargaan ini menjadi pemicu bagi mereka untuk lebih giat, lebih serius dan lebih dominan lagi, agar Kabupaten Labuhanbatu ke depan dapat lebih baik lagi.

Kamal Ilham juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang telah memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu.

"Mudah-mudahan penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup yang telah kami serahkan kepada Plt. Bupati Labuhanbatu dapat memicu semangat kami untuk berbuat lebih baik lagi, baik untuk Kabupaten Labuhanbatu maupun untuk masyarakat di daerah ini," ujarnya mengakhiri.