JAKARTA - Calon presiden inkumben Joko Widodo atau Jokowi mengajak para pendukungnya mengenakan baju putih untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara pada 17 April 2019. Hal ini untuk mencocokkan dengan gambar pasangan Jokowi - Ma'ruf Amin di surat suara yang mengenakan pakaian putih.

Jokowi menjelaskan ia memilih seragam warna putih dan mengajak pendukungnya mengenakan pakaian yang sama karena menganggap harganya murah dan terjangkau bagi masyarakat Indonesia. Ia menyindir gambar lawannya, pasangan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno, yang di kartu suara memakai jas.

"Kalau pake jas mahal, dan jas itu pakaian orang Eropa, Amerika. Orang Indonesia cukup pakai yang murah, baju putih, seperti yang saya pakai," katanya dalam orasi di kampanye terbuka di Lapangan Bukit Gelanggang, Kota Dumai, Riau, Selasa, 25 Maret 2019.


Dalam kampanye itu, Jokowi datang bersama istrinya, Iriana. Keduanya kompak memakai kemeja warna putih.

Selain itu, Jokowi mengimbau para pendukung dan relawannya itu untuk mengajak seluruh masyarakat agar menggunakan hak pilihnya. "Ajak kawan, saudara, teman, saudara sekampung untuk datang berbondong-bondong ke TPS (tempat pemungutan suara)," kata dia.***