PALAS-Dengan terbentuknya Provinsi Sumatera Tenggara memberi kontribusi penting mendorong percepatan pembangunan lnfrastruktur jalan  di wilayah Tapanuli bagian Selatan (Tabagsel) yang meliputi Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, dan Kota Padangsidempuan.

Hal itu  ditegaskan Ketua Komisi VII DPR-RI H. Gus Irawan Pasaribu, SE.AK., MM.,CA, disela  acara sosialisasi empat pilar kebangsaan bersama Pimpinan Cabang Himpunan Mahasiswa Al-Washliyah (PC. HIMMAH) Kabupaten Padang Lawas, di aula Hotel Syamsiah Sibuhuan, Minggu (24/3/2019).

“Lihat dari Gunung Tua sampai batas Provinsi Riau sana statusnya adalah sebagai jalan Provinsi, sementara sampai Riau kesana status jalannya adalah Jalan Negara, seoleh-olah wilayah Tabagsel ini diperlakukan kurang adil," ucapnya.

Lebih Lanjut Politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), menegaskan,guna mendorong bergeraknya ekonomi dan pembangunan  yang lebih cepat  diwilayah Tabagsel tentu menjadi prioritas untuk memperjuangkan percepat proses terbentuknya Sumatera Tenggara.

“Untuk mempercepat proses terbentuknya Provinsi Sumatera Tenggara, gunanya adalah untuk mendorong bergeraknya ekonomi yang lebih cepat dan pembagunan diwilayah Tabagsel agar dapat terwujud kesejahtraan masyarakat”, kata Gus Irawan.

  Sementara Tokoh Masyarakat  Padang Lawas Mardan Hanafi Hasibuan SH mengatakankan, sudah selayaknya dan sebahagian besar masyarakat Tabagsel berharap Provinsi Sumatera Tenggara segera terbentuk guna mempercepat kesejahtraan rakyat khususnya diwilayah Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, dan Kota Padangsidempuan.

"Terbentuknya Provinsi Sumatera Tenggara  sejalan dengan Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dimana pembentukan daerah bertujuan untuk meningkatkan pelayanan publik guna mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat yang lebih baik," kata Mardan yang juga aktivis Peduli Maayrakat Palas.

Mardan berharap perjuangan untuk proses terbentuknya Propinsi Sumatera Tenggara mendapat sambutan yang baik dari semua pihak agar segera terwujud sesuai yang diharapkan.*