LABUHANBATU - Plt. Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe yang diwakili Inspektorat Kabupaten Zainuddin Harahap menandatangani Komitmen Pemerintah Daerah dalam Pemenuhan Standar Pelayanan Publik dan Penerapan SP4N – LAPOR, Selasa (26/3/2019) di Santika Premier Dyandra Hotel Medan. Penandatanganan Komitmen yang diikuti 33 Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara tersebut disaksikan Wakil Gubernur Sumatera Utara Drs. H. Musa Rajekshsh, M.Hum, Kepala Kantor Perwakilan Ombusdman RI Sumatera Utara Abyadi Siregar, Perwakilan Kantor Staf Presiden Fanni Irsanti dan Perwakilan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Inspektur Provinsi Sumatera Utara DR. Drs. Arsyad Lubis, MM serta Koordinator Program USAID CEGAH Ahsanul Minan.

Dalam pidatonya, Wakil Gubernur Sumatera Utara Drs. H. Musa Rajekshsah, M.Hum mengungkapkan, semua sistem ini diwujudkan demi melayani masyarakat dengan cepat dan tepat, salah satunya melalui aplikasi ini sebagai pelayanan publik. Dan sistem ini harus benar-benar dapat membantu masyarakat dalam mengadu, dan harus tau mengadunya kemana.

“Terpenting adalah operator aplikasi sistem ini yang harus aktif dan komit dalam menjalankan aplikasinya, bukan hanya sekedar seremoni,” Tegas Wagubsu.

Koordinator USAID CEGAH Ahsanul Minan, mengatakan sistem ini hadir untuk memperkuat dan memastikan pelayanan publik, dan bisa di implementasikan oleh seluruh instansi Pemerintah.

“ini sangat penting, karena dapat, menangkap, merespon pelayanan publik, serta sebagai alat input rencana pembangunan dan perencanaan daerah agar pemerintah lebih transparansi,” ucap Ahsanul

Dalam acara itu dilaksanakan juga pemaparan dan dialog singkat tentang SP4N-LAPOR oleh DR.Drs.Arsyad Lubis,MM Inspektur Provinsi Sumut, Fanni Irsanti tenaga ahli kantor staf presiden, Abyadi Siregar Kepala perwakilan Ombusdman RI, dan Ahsanul Minan Koordinator USAID CEGAH.

Acara pemaparan dan dialog singkat yang berlangsung aman, lancar dan sukses tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Labuhanbatu H. Muhammad Ihsan harahap, ST serta para undangan dan utusan dari seluruh Kabupaten/Kota di Sumatera Utara.