Sekdaprov Sumut Buka Musrenbang Kabupaten Deliserdang

Sekdaprov Sumut Buka Musrenbang Kabupaten Deliserdang
SEKDAPROV Sumut, Dr Ir Hj R Sabrina MSi Memukul Gong Tanda Dibukanya Musrenbang RKP Kabupaten Deliserdang Tahun 2020
Jum'at, 22 Maret 2019 05:11 WIB
Penulis: ril
DELISERDANG-Sekertaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprov Sumut), Hj R Sabrina membuka musyarawah perencanaan pembangunan (Musrenbang ) Kabupaten Deliserdang.

Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah (RKP) daerah Kabupaten Deliserdang Tahun 2020 tersebut dilaksanakan di Prime Plaza Hotel Kualanamu Deliserdang, Selasa, (19/3/2019).

Dalam kesempatan itu, Sabrina mengatakan Musrenbang sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat dalam pendekatan RKP Tahun 2020 dilakukan dengan perkuatan pelaksanaan kebijakan money follow program prority (program prioritas mengikuti keuangan). “Penguatan tersebut dilaksanakan dengan pendekatan tematik, holistik, integratif dan spasial. RKP tahun 2020 adalah tahun pertama pelaksanaan RPJMN tahun 2020-2024 yang menekankan pada 5 prioritas pembangunan yakni pembangunan manusia dan pengentas kemiskinan, konektivitas dan pemerataan, nilai tambah ekonomi dan kesempatan kerja, ketahanan pangan, air, energy dan lingkungan hidup serta stabilitas pertahanan dan keamanan,” ujarnya.

Berdasarkan data dengan sasaran makro pembangunan nasional yang ingin dicapai dalam RKP Tahun 2020 adalah pemerataan pendapatan masyarakat yang tercermin dari angka gini rasio 0,375-0,380.

Ads
Penurunan tingkat kemiskinan menjadi 8,5-9,0 %, penurunan tingkat pengangguran terbuka menjadi 4,8 -5,1 %, pertumbuhan ekonomi 5,3- 5,5 % dan indeks pembangunan manusia 72,5.

Sedangkan untuk tingkat Provinsi Sumut, Sabrina mengatakan tema RKP Tahun 2020 yakni peningkatan sumber daya manusia untuk pertumbuhan berkualitas dan visi RPJMD provinsi Sumut 2018-2023. “Sumut yang maju, aman dan bermartabat. Dengan lima misi yaitu mewujudkan masyarakat Sumut yang bermartabat dalam kehidupan, bermartabat dalam politik, bermartabat dalam pendidikan, bermartabat dalam pergaulan dan bermartabat dalam lingkungan dengan sasaran utama membangun desa menata kota,” paparnya.

Dalam pencapaian sasaran utama pembangunan dilakukan serangkaian program unggulan yang memiliki daya ungkit akan mendorong terjadinya lompatan dalam pembanguan Sumut ke depan “Misalnya upaya peningkatan kualitas dan kompetensi guru, penambahan gaji guru honorer dari semula usulan DPRD sebesar Rp 60.000 per jam ditetapkan menjadi Rp 90.000 per jam, serta pemberian beasiswa bagi lulusan SMU sederajat bagi siswa berprestasi dari keluarga kurang mampu, begitu juga dengan bidang lainnya yang mengarah kepada Sumut yang bermartabat,”ungkapnya.

Sementara Bupati Deliserdang, Azhari Tambunan mengatakan untuk mewujudkan kemajuan daerah, kesejahteraan dan kemandirian masyarakat , Pemkab Deliserdang merumuskan perencanaan pembangunan secara kolaboratif dengan melibatkan 3 pilar pemerintah yaitu Pemda, (eksekutif dan legislatif, kalangan masyarakat dan kalangan swasta).

Dengan demikian Musrenbang menjadi arena strategis untuk merumuskan perencanaan pembangunan daerah.

Dikatakan Azhari, tujuan Musrenbang dimulai dari menyelaraskan prioritas pembangunan daerah dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan daerah provinsi, mengklarifikasi usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat kepada pemerintah kabupaten dan musrenbang RKPD di Kecamatan atau sebelum Musrenbang RKPD kabupaten dilaksanakan, mempertajam indikator kinerja program dan kegiatan daerah dan menyepakati prioritas pembangunan daerah serta program dan kegiatan prioritas daerah.

Hadir pada acara tersebut Wakil Bupati Deliserdang, Zainuddin Mars, Wakil Bupati terpilih, HM Ali Yusuf Siregar, Wakil Ketua DPRD Sumut, Ruben Tarigan serta sejumlah Forkopimda dan Camat Se- Deliserdang.

Hadir juga pejabat Pemerintah Provinsi Sumut , Kepala Bappeda Sumut, Irman dan Kepala BPBD Sumut, Riadil Lubis.
wwwwww