MEDAN-Menjelang puasa stok beras di  Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) Sumatera Utara (Sumut) dijamin aman. Tersedia 66.682 ton beras medium untuk persedian 10 bulan mendatang.

"Stok beras kita sebanyak 66.682 ton per 15 Maret 2019. Dengan ketersediaan sebanyak itu, diprediksi ketahanan stok sampai dengan lebih kurang 10 bulan ke depan," kata Kepala Bulog Divre Sumut, Basirun di Medan, Jumat (15/3/2019).

Menurut Basirun, amannya stok beras medium hingga 10 bulan ke depan karena Bulog Sumut mengelola Bansos Rastra 2019 hanya sampai April dengan total penyaluran.

12 ribu ton lebih.

"Bansos Rastra, kebutuhan per bulan lebih kurang 3.125 ton. Diasumsikan penyaluran Bansos Rastra hanya sampai dengan bulan    April 2019. Sedangkan Mei masih menunggu atau belum ada petunjuk dari pusat," ini ungkapnya.

Basirun menyebutkan, selain beras medium stok beras di Bulog Sumut juga terdapat beras premium. Jumlah stoknya saat ini sebanyak 43.013 ton.

"Dengan stok yang ada tersebut diharapkan kepada masyarakat tak perlu khawatir dengan isu-isu yang tak bertanggung jawab, sehingga melakukan pembelian secara masif atau dalam jumlah yang banyak. Apalagi, saat ini masuk musim panen. Pemerintah akan terus hadir di tengah masyarakat untuk menyiapkan kebutuhan," tandas mantan Kepala Bulog Divre Aceh ini.*