TOBASA-Presiden Jokowidodo dalam Kunjungan Kerjanya di Balige Kab,Toba Samosir Sumut Jumat (15/3/2019) disambut ribuan warga warga Kota Balige dengan sangat antusias.

Ribuan warga tumpah ke ruas jalan Negara Jalan Lintas Sumatera tepatnya Jalan Sisingamangaraja XII Kota Balige Kab.Tobasa khususnya di depan Pasar Rakyat Tradisional Onan Balige untuk menyaksikan dan menyambut hadirnya orang nomor satu di NKRI tersebut.

Banyaknya warga karena saat kunjungan Presiden Jokowidodo bersama Ibu Negara dan rombongannya bertepatan hari Pekan (Onan besar) di Kota Balige yang berlansung hanya sekali dalam seminggu pada setiap Minggunya.

Hadirnya Presiden Joko Widodo yang sambut oleh ribuan warga yang membanjiri dan memadati Kota Balige mengakibatkan ruas Jalan Negara Jalan Lintas Sumatera pada Jln.Sisingamangaraja XII Balige tepatnya di depan Pasar Rakyat Tradisonal onan Balige tertutup total selama kurang lebih setengah jam.

Presiden bersama Ibu Negara dan rombongan tiba di depan Pasar Rakyat Tradisonal Balairong Onan Balige tepat Pukul 8.00 WIB.

Setiba di depan Pasar Presiden langsung turun dari mobil Dinas Kepresidenannya sembari melambaikan tangannya kepada seluruh warga yang sudah berjejal dari pukul 7.00 pagi menanti kedatangan Presiden bersama dengan rombongannya untuk berkunjung sembari berbelanja di pasar rakyat tradisional onan Balige.

Dalam kesempatan tersebut, warga berteriak histeris memanggil manggil nama Presiden dengan harapan bisa bersalaman dan berfoto selfi.beberapa kaum ibu dan anak anak di beri kesempatan berfoto selfi kadang presiden sendiri yang memfoto selfi dengan Hand Phone milik para warga dan ada yang di foto oleh Pasukan pengawal kepresidenan.

Didalam pasar Presiden bersama Ibu Negara berbincang dengan para pedagang sembari berbelanja sayuran, Buah buahan, cabe, Bawang serta beberapa barang sembako lainnya dari beberapa ibu ibu pedagang (Parrengge rengge) di Pasar Rakyat Tradisonal Onan Balige.

Boru Panjaitan salah satu pedagang buah buahan kepada Gosumut saat di konfirmasi mengatakan, dia sangat senang dan gembira atas kehadiran Presiden berbelanja buah di kiaos dagangannya.pada kesempatan tersebut Presiden membeli 2 Kg buah jeruk dagangannya dengan harga Rp.18.000.

Dijelaskannya, sebelumnya dia tidak pernah berpikiran bahwa Presiden akan datang berbelanja buah di kios dagangannya.melihat banyaknya warga yang memdekati Presiden saat itu "saya hanya berharap Bapak Menko Maritim Luhut B.Panjaitan yang akan mendatangi buah dagangan saya dan beliau akan membelinya, yang kebenaran Menko Martim adalah satu Marga dengan saya sama sama bermarga Panjaitan. Namun apa yang dipikiran dan saya harapkan jauh, kenyataannya bapak Prsiden yang datang membeli buah dagangan saya," terangnya dengan sangat gembira.

Hal senada juga di ungkapkan Renna Hutagaol (37) pedagang sayuran mengatakan dirinya kaget karena Presiden datang  berkunjung ke Onan Pasar Rakyat Tradisional Balige ini dan berbelanja cabe di kios sayur dagangannya.

"Saat itu Presiden Joko Widodo di kios dagangan saya belanja setengah Kilo Gram Cabe Rawit merah dan setengah Kilo gram cabe rawit hijau dengan harga Rp.20.000 persetengah Kilo Gramnya," imbuh Renna.

Presiden berada di dalam Pasar selama setengah jam untuk berbincang dengan para ibu ibu pedagang sembari berbelanja.

Usai dari Pasar Rakyat Tradisional Onan Balige Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara dan rombongan berangkat menuju SMK N.1 Balige dalam rangka pemberian Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada 2000 Siswa/i Sekolah SD, SMP dan SMA/SMK se Kab,Tobasa yang di dampingi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi.*