TOBASA-Bupati Kab, Toba Samosir Ir Darwin Siagian didampingi Wakil Bupati Ir.Hulman Sitorus bersama dengan Unsur Forkopimda Kab.Tobasa dan Kab.Tapanuli Utara  bagikan Sertifikat Tanah program PTSL ( Pendaftaran Tanah Sitematis Lengkap) sebanyak 5250 sertifikat Tanah yang telah diterbitkan oleh Badan Pertanahan Nasional Kab.Tobasa yang diprogramkan oleh Presiden NKRI Ir.Jokowidodo bagi warga masyarakat seluruh Indonesia.

Untuk penerbitan sertifikat Tanah Program PTSL kepada masyarakat Indonesia Kantor BPN Kab.Tobasa,pada peraayaan HUT Kab.Tobasa yang ke-20 Bupati Kab.Tobasa menyerahkan kepada 50 orang penerima pertama sebanyak 50 Sertifikat Tanah dari 5250 Sertifikat Tanah yang telah diterbitkan dan akan diserahlan kepada masing masung pemilik.

Bupati Kab.Tobasa Ir.Darwin Siagian menyerahkan sertifikat Tanah Program PTSL kepada 50 orang Masyarakat pada puncak perayaan HUT Kab.Toba Samosir yang ke 20 di Tanah Lapang Parsoburan Kec. Habinsaran Sabtu (9/3/2019).

Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kab.Toba Samosir Jeremia Silalahi,SH,MH usai penyerahan di lokasi acara kepada Gosumut menjelaskan, Untuk tahun 2017 sertifikat Tanah melalui program PTSL,BPN Kab.Toba Samosir telah terbitkan sebanyak 5000 Sertifikat dan untuk tahun 2018 diterbitkan sebanyak 5250 dari target 6000 Sertifikat yang direncanakan akan diterbitkan dan dibagikan kepada masyarakat.

Untuk pelaksanaan penerbitan Sertifikat Tanah melalui program Produk Pendaftaran Tanah Sitematis Lengkapa (PSL) melalui 3 program untuk perencanaan penwrbitan Sertifikat yakni dengan Program K.1, K.2 dan K.3.

Untuk program  K.1 adalah Terbit sertifikat, program K.2 adalah tanah sengketa atau tanah yang masih bermasalah dan masih dalam sengketa untuk ini hanya di buatkan peta bidang. Untuk program K.3 Terbit Peta Bidang namun tidak terbit Sertifikat Tanah karena pemohon belum berminat atau warisan yg belum dibagi oleh mereka para pemilik warisan. "jadi untukrogram PTSL Tahun 2018 yang tersisa hanya program K.3," terangnya.

Kepala Bagian Pertanahan Pemkab Tobasa Antoni Sianipar kepada Gosumut menjelaskan, Penerima sertifikat program PTSL untuk penertbitan Sertifikat tahun 2018 adalah warga masyarakat dari 37 Desa se Kab.Tobasa dan untuk tahun 2019 sertifikat  tanah akan di terbitkan sejumlah 5000 Bidang dengan program PTSL juga. yang nantinya akan di terima oleh warga masyarakat di 4 desa yakni Desa Sitorang Kec.Silaen, Desa Banua Huta Kec.Sigumpar, Desa Sitolu Ama Kec.Laguboti dan Desa Silaen Kec.Silaen.

Dijelaskannya, penerbitan dan Pembagian sertifikat melalui program PTSL (Pendaftaran Tanah Sitematis Lengkap) oleh Pemkab Tobasa dilaksanakan melalui BPN Tobasa adalah tindak lanjut Program Presiden NKRI Ir. Jokowidodo untuk pembagian sertifikat tanah gratis kepada masyarakat Indonesia.

Untuk bisa mendapatkan sertifikat tanah gratis ini masyarakat harus memiliki surat atas hak kepemilikan tanah, E.KTP, KK dan menyediakan Pasang Patok sebagai tanda batas tanah miliknya masing masing warga.*