PALAS-Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Padang Lawas(Palas) akan menggelar kegiatan perlombaan pentas  seni demokrasi bagi kalangan pelajar dan mahasiswa.

Kegiatan pentas seni dilaksanakan,Rabu (20/2/2019) di lokasi sekrektariat KPUD Kabupaten Palas Jalan Listrik Sibuhuan, Kecamatan Barumun.

Jenis pelombaan pentas seni yang dipertandingan bagi kalangan pelajar dan mahasiswa yaitu lomba lukis dan pop song dengan hadiah bagi juara 1 sebesar Rp 1.500.000 ,juara 2 Rp 1.250.000,juara 3 Rp 1.000.000, juara 4 Rp 750.000 dan juara 5 Rp 500.000.

Ketentuan bagi peserta lomba pop song jumlah peserta pop song terbatas 15 group dengan jenis pop song classic kontenporer modren. Peserta lomba wajib menyanyikan ' Jingle Pemilu 2019 dan satu bebas.

Sebaliknya bagi peserta lomba lukis peserta terbatas untuk 100.orang. Tema tema lukisan demokrasi dan pemilu bermartabat dengan sub tema anti hoaks, ajakan memilih, anti sara dan anti golput. Karya lukisan harus manual dan original .Kegiatan lomba berlangsung mulai pukul 9.00 - 12.00 WIB.

Ketua KPUD Palas Indra Syahbana Nasution SH mengatakan selain pergelaran pentas seni  dalam membentuk pemilih yang berdaulat Pihaknya juga telah siap untuk melaksanakan tahapan Pemilu tahun 2019 dengan  partai politik sebagai peserta Pemilu tahun 2019 di Kabupaten Palas.

  "Diharapkan parpol  peserta pemilu di Kabupaten Palas dapat berkompetisi dengan baik serta mengikuti aturan ketentuan peraturan pemilu," katanya,Sabtu (9/3/2019).

  Dia juga meminta, seluruh parpol yang terdaftar sudah dapat menyiapkan para kader-kader terbaiknya untuk berkompetisi dalam pemilu tahun 2019.

KPUD Palas juga mempersiapkan diri  sebagai penyelanggara Pemilu sehingga KPUD bertekad kuat termasuk menangkal isu SARA, guna terlaksananya kedaulatan pemilu yang bermartabat.

Kata Indra, melalui pentas seni demokrasi ini diharapkan partisipatif masyarakat meningkat terhadap pendidikan pemilu, politik.

Ketua KPU juga meminta masyarakat untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan dalam mewujudkan pemilu yang berdaulat serta bermartabat di Kabupaten Palas.

  "Dengan semangat kebersamaan dalam persaudaraan, kiranya kita dapat mewujudkan pemilu yang berdaulat sesuai harapan kita semua," harapnya.*