LABUHANBATU - Plt Bupati Labuhanbatu, H. Andi Suhaimi Dalimunthe bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyalurkan bantuan kepada masyarakat di Kecamatan Pangkatan Kabupaten Labuhanbatu, Jumat (1/3/2019) di lapangan PT Pangkatan Indonesia.

Plt. Bupati Labuhanbatu menyampaikan, selaku lembaga pengelola zakat secara nasional, keberadaan Baznas sudah diatur dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 2011 dan Peraturan Pemerintah No. 14 Tahun 2014. Pemkab Labuhanbatu juga telah memberikan surat edaran kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk dapat menyalurkan zakat ke Baznas.

“Tahun ini Pemkab akan membuat regulasi kepada para pengusaha perkebunan dan pihak swasta, kiranya dapat mengumpulkan zakatnya di Baznas. Saya tidak mau dengar ada uang Baznas yang tidak jelas kemana perginya, saya menginginkan Baznas harus jelas dan transparan,” tegas H. Andi Suhaimi Dalimunthe.

H. Andi tetap optimis dapat mengurangi kemiskinan di Kabupaten Labuhanbatu melalui terobosan baru dari Baznas. Dia juga berharap Baznas semakin berkembang dan amanah dalam menyalurkan bantuan-bantuan kepada masyarakat tidak mampu.

“Saya ingatkan kepada ketua Baznas, satu rupiah pun uang ini tidak boleh dipakai untuk kepentingan pribadi, dan saya punya tanggung jawab untuk melindungi uang tersebut. Saat ini uang yang terkumpul di Baznas sebesar Rp 2.100.000.000,” jelas Plt. Bupati.

Andi Suhaimi mengungkapkan, di tahun 2019 Pemkab memiliki program pemberian dana hibah ke Panti Asuhan se-Labuhanbatu masing-masing sebesar Rp 50 juta, Rp 100 juta untuk pesantren dan dana hibah untuk ibadah umroh.

“Kita telah melakukan bedah rumah sebanyak dua unit, saya juga sudah mendesain tanah di sekitaran SMA Negeri 3 yang sudah lama tidak dikelola, di situ akan kita buat taman cerdas untuk para murid menimba ilmu, dan juga ada sarana olahraga, serta kolam renang. Semoga Labuhanbatu semakin maju ke depannya,” harap Andi.

Sementara itu, Ketua Baznas Labuhanbatu Erwin Siregar menjelaskan, pihaknya akan menjalankan 5 program sesuai dengan Baznas Provsu, yakni program Labuhanbatu sejahtera dan makmur dengan memberikan modal usaha kepada 270 keluarga fakir miskin, program pendidikan kepada 600 siswa miskin, program labuhanbatu sehat, dan program kemanusiaan.

Adapun zakat yang dikeluarkan siang tadi yakni pemberian bantuan kepada 60 orang fakir dan 280 orang miskin dengan masing-masing menerima sebesar Rp 300.000 dan Rp 250.000. Sedangkan bantuan renovasi rumah untuk keluarga Muis Ritonga warga Desa Alur Naga Kecamatan Pangkatan, Baznas menyalurkan bantuan sebesar Rp 10 juta.

Kemudian, bantuan kesehatan kepada Irwanto sebesar Rp 1.000.000, bantuan untuk 5 siswa tingkat SMA masing-masing Rp 300.000, 6 siswa SMP masing-masing Rp 250.000, 12 siswa SD masing-masing Rp 200.000, dan bantuan kepada 6 bilal mayit masing-masing Rp 200.000 atau dengan total dana bantuan yang disalurkan sebesar Rp 103.400.000.

Untuk 8 kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Labuhanbatu, Baznas Labuhanbatu akan melaksanakan hal yang serupa seperti yang terlaksana di Kecamatan Pangkatan. Semua Kecamatan akan diproses dan disalurkan oleh Baznas Kabupaten Labuhanbatu sesuai dengan kemampuan kas serta keadaan di lapangan.