PALAS-Sumber dana desa dimanfaatkan untuk membangun sarana jalan desa untuk kemajuan dan kesejahteraan warga.

Aloksi anggaran dana desa  (DD) di pemerintahan Desa Tanjung Baringin, Kecamatan Barumun, Kabupaten  Padang Lawas(Palas) diprioritaskan membangun sarana fasilitas akses jalan setapak, drainase di lokasi pemukiman dan perkebunan warga.

  Akses jalan desa  ini bertujuan untuk peningkatan perekonomian warga setempat dalam mewujudkan kesejahteraan yang merata bagi kalangan warga.

Kepala Desa Tanjung Baringin Humala Lubis bersama Ketua BPD Amoali Muda Harahap  dan TPK Alipuddin Pulungan mengatakan, pembangunan jalan rabat beton desa  merupakan   hasil Musdes dan kesepakatan warga dengan prioritas jalan ke lokasi  pemukiman dan perkebunan warga,Sabtu (23/2/2019).

  "Anggaran Dana Desa diprioritaskan  membangun Infrastuktur  pemberdayaan ekonomi warga,"kata Humala.

  Ketua TPK Alipuddin Pulungan. mengatakan,.pembangunan jalan rabat beton  sepanjang 250 meter dengan panjang 170 meter dengan lebar 2 meter serta panjang 130 meter dengan lebar 3 meter.

Kata Alipuddin ,selain jalan rabat beton juga dilaksanakan pembangunan drainase sepanjang 500 meter yang lokasinya di lingkungan pemukiman warga dan jalan lintas perkebunan.

"Pelaksanaan pekerjaan jalan  rabat beton dan  drainase dikerjakan secara swakelola oleh  elemen masyarakat setempat sebagai badan pekerja,"kata Alipuddin.

Dia menambahkan, anggaran dana desa tahun 2018 diprioritaskan peruntukannya untuk lanjutan pembangunan jalan rabat beton.

  Ditanya terkait pembebasan lahan, Ketua TPK  menjelaskan tidak ada ganti rugi karena warga dengan sukarela menyerahkan pembedanya lahan  untuk kegiatan pembangunan jalan desa.

"Warga mengapresiasi Pembagunan tersebut bermanfaat untuk mendorong kelancaran prekonomian warga yang lebih baik,"imbuhnya.

  Ia menambahkan, pembagunan ini sejalan rencana pembangunan jangka menengah desa (RPJM Des) maupun rencana kerja pemerintah desa.*