ASAHAN- Ketua TP PKK Asahan, Sumatera Utara Hj Winda Fitrika Taufan Gama mengunjungi kediaman Khairul seorang pengrajin batok kelapa di Dusun V Desa Jati Sari Kecamatan Tinggi Raja, Asahan Senin (18/2/2019).

“Kerajinan dari limbah batok kelapa dijadikan cinderamata kepada tamu yang berkunjung ke Kabupatrn Asahan,” ujar Winda. Kepada Khairul, Hj Winda meminta untuk terus mengembangkan potensi yang ada.

Disarankan untuk masuk kedalam Bumdes dan melatih anak-anak muda di Kecamatan Tinggi Raja. Kunjungan itu didampingi Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan Asahan, Camat Tinggi Raja dan Kepala Desa Tinggi Raja.

Menurut Hj Winda, kerajinan batok kelapa ini dapat menjadikan salah satu sumber penghasilan bagi keluarga. “Kita akan membantu mempromosikan kerajinan tangan ini sehingga dapat diketahui masyarakat banyak,” ujar Winda.

Kepada Camat Tinggi Raja, dan Dinas terkait , Winda berharap untuk dapat memfasilitasi dan membantu usaha pengrajin batok kelapa ini agar usaha kerajinan tangan batok kelapa ini dapat semakin maju dan berkembang baik dalam bidang pembuatan maupun pemasaranya.

“Saya tidak ada modal untuk membuka gray/toko untuk memasarkan kerajinan tangan yang saya buat dari batok kelapa ini. Saya pun membuatnya masih menggunakan alat-alat sederhana, jadi produksi yang saya hasilkan tidak banyak,”ujar Khairul.

Dia berharap kepada Pemerintah Kabupaten Asahan untuk dapat memberikan bantuan modal maupun alat supaya supaya dapat mengembangkan kerajinan batok kelapa lebih berkualitas.*