MEDAN-Anggota DPD RI daerah Pemilihan Sumatera utara dan juga sebagai Wakil Ketua DPD RI, Prof Darmayanti Lubis sosialisasikan penguatan nilai – nilai empat pilar yakni Pancasila, UUD NRI Tahun 1945,  NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika pada Kelompok Guru di Stabat, Kabupaten Langkat pekan ini.

Mengingat dekadensi moral dan penurunan akhlak  yang menimpa diri anak-anak bangsa belakangan ini semakin mengkhawatirkan, antara lain ditandai dengan semakin berkembangnya penyalahgunaan pemakaian obat/narkoba, pergaulan sex bebas dikalangan remaja, tawuran, pencurian remaja, geng motor, pornografi, kekerasan dan perkosaan terhadap anak-anak perempuan (sering  dilakukan oleh orang-orang terdekatnya) dan lain-lain.

“Lemahnya jati diri generasi  anak bangsa ini akan berdampak terhadap pengurangan Nilai-nilai kebajikan  dimasa yang akan datang. Oleh karenanya penguatan nilai – nilai yang terkandung di dalam 4 pilar kebangsaan dalam konteks situasi sekarang ini merupakan keniscayaan dan sangat relevan dan diharapkan dapat  mengurangi krisis moral yang sedang melanda Negeri ini,” ucap Prof Damayanti.

Tak hanya itu, Dia juga menuturkan pada ratusan guru di Langkat untuk  mengembangkan Pendidikan akhlak, moral atau karakter merupakan langkah penting dan strategis dalam membangun kembali  akhlak bangsa.

“Memang pendidikan karakter tersebut haruslah melibatkan semua pihak yaitu, Rumah Tangga atau Keluarga, Sekolah dan Masyarakat yakni lingkungan sekolah yang lebih luas. Sebagai langkah pertama adalah menyambungkan  kembali hubungan yang nyaris terputus antara ketiga elemen pendidikan tersebut untuk memperoleh kesinambungan dan harmonisasi dengan penekanan pembahasan terutama akan dikembangkan pada aspek pendidikan akhlak, moral atau karakter,” terangnya.

Sambungnya, saat ini permasalahannya apakah  upaya membangun karakter anak bangsa ini sudah diimplementasikan di ketiga ranah elemen pendidikan tersebut? “Oleh sebab itu, ketiga elemen tersebut lah yang harus ditata terlebih dahulu, baru kita bisa mengembangkan dengan maksimal nilai – nilai yang terkandung di dalam empat pilar kebangsaan serta pendidikan akhlak atau karakter,” tutupnya.*