BELAWAN-Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan Lubis menyerukan jadikan deklarasi antar umat se-Kecamatan Labuhan untuk menjaga keharmonisan dan kerukunan.

Seruan itu disampaikan orang nomor satu di Mapolres Pelabuhan Belawan ketika didaulat memberi sambutannya pada acara Deklarasi kerukunan umat beragama se-Kecamatan Medan Labuhan di lapangan bola Griya Martubung, Jumat (18/1/2019).

Deklarasi tersebut digelar menyusul penolakan warga berujung protes terkait pendirian rumah ibadah yang belum berizin di Jalan Permai IV Nomor 31 Blok VIII Lingkungan XX Kelurahan Besar, Kecamatan Medan Labuhan.

"Lewat deklarasi ini, mari kita jadikan sebagai upaya untuk menjaga keharmonisan dan kerukunan antar umat beragama," ujar AKBP Ikhwan Lubis SH MH seperti dihimpun GoSumut, Jumat (18/1/2019).

Pada kesempatan tersebut, mantan Kasubdit Indag Ditreskrimsus Polda Sumut ini menyampaikan, deklarasi yang digelar ini bukan hanya untuk mencari solusi yang terbaik.

"Akan tetapi, deklarasi juga harus disikapi dalam menjaga hubungan baik antar sesama guna mewujudkan toleransi umat beragama," imbuhnya.

Selain itu, Kapolres Belawan juga menegasakan kepada seluruh peserta yang hadir untuk tidak main hakim sendiri apabila terjadi permasalahan.

"Saya tegaskan kembali, kepada warga masyarakat serta seluruh stakeholder yang ada untuk tidak melakukan tindakan sendiri bilamana terjadi permasalahan. Namun bisa melaporkanya kepada Bhabinkamtibmas atau Polsek terdekat. Hal itu guna mewujudkan kekondusifitas kamtibmas, terlebih lagi menjelang pesta demokrasi serentak di Indonesia khususnya di wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan," tegas mantan Kasat Reskrim Polrestabes Medan ini.

Turut hadir pada deklarasi tersebut, Kasat Bimmas, AKP Justar Purba, pejabat utama, Kapolsek Medan Labuhan, Kompol Rosyid Hartanto SH SIK MH, Danramil Medan Labuhan, Kapten A Purba, Camat Medan Labuhan, Arrahman Pane SSTP MSI, Lurah Besar Medan Labuhan, Tengku Khairi Choiri SSTP, Ketua KUA Medan Labuhan, Abdul Lukman Hakim Hasibuan Sag, tokoh agama Kristen, Pendeta Abetnego Sitompul STH, Tokoh agama Islam, Ustad Drs Samsul Bahri, tokoh agama Budha, Bunlie, dan Kepling se-Kecamatan Medan Labuhan.*