TOBASA-Pukul 06.59 WIB Selasa (15/1/2019), Kabupaten Tapanuli Utara (TAPUT) hingga ke Kab.Toba Samosir di guncang Gempa Bumi Tektonik. Guncangan gempa dirasakan oleh warga Kab.Tobasa khususnya Kota Balige, Laguboti dan Kec.Porsea. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tobasa, Herbet Pasaribu kepada GoSumut saat di konfirmasi via selulernya menjelaskan, sesuai dengan keterangan BMKG gempa bumi yang terjadi sekitar pukul 06.59.53   memiliki kekuatan guncangan M-5 dengan episentris Gempa Bumi pada koordinat 1,77 LU dan 99,09 BT.

Lokasi terjadi Gempa Bumi di darat pada jarak 31 Km arah Tenggara kota Tarutung Kab.Tapanuli Utara (TAPUT) di kedalaman 10 Km dari atas permukaan tanah.

Dengan kekuatan Gempa Bumi M-5 yang terjadi di Kab.Tapanuli Utara, guncangannya juga dirasakan oleh warga Kota Balige, Kec.Laguboti, Kec,Siantar Narumonda dan Kec.Porsea Kab.Toba Samosir.

Dijelaskan Ka.BPBD Kab.Toba Samosir, Gempa Bumi yang terjadi di Kab.Tapanuli Utara sesuai hasil dari BMKG menjelaskan,bahwa gempa bumi yang terjadi tadi pagi dengan memperhatikan lokasi Episenter dan kedalaman Hiposenter merupakan jenis Gempa Bumi Tektonik kerak dangkal (Shallow Crustal Earthquake) pada segmen Toru.

Sesuai hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dibangkitkan oleh Deformasi bantuan dengan mekanisme pergerakan jenis mendatar (Strike-slip fault).hasil pemodelan menunjukkan bahwa Gempa Bumi yang terjadi di Kab.Tapanuli Utara tidak berpotensi Tsunami.

Ditambahkannya, hingga pukul 7.19 WIB sesuai hasil monitoring BMKG belum ada tindak lanjut aktifitas Gempa Bumi untuk terjadinya Gempa Bumi susulan (Aftershock). "Untuk itu dihimbau kepada seluruh warga masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat di pertanggung jawabkan kebenarannya," tegas Ka.BPBD Kab.Tobasa Herbet Pasaribu.

Sementara itu Camat Kec.Balige Pantun Pardede  kepada wartawan membenarkan.

"Memang benar terjadi gempa di Balige, namun tidak membuat warga menjadi panik dan tidak ada menimbulkan kerusakan apa apa dan masyarakat tetap aman dan kondusif walaupun sempat di rasakan guncangan Gempa Bumi tadi pagi," sebutnya.*