KISARAN-Kapolres Asahan AKBP Faisal F Napitupulu menggelar Lomba Burung Kicau Mania Sepulau Sumatra di Lapangan Adhi Pradana Polres Asahan Minggu (13/1/2019).

Menurut pantauan Gosumut Perlombaan kicau burung tersebut itu disambut baik dan meriah oleh para mania burung berkicau.

Selain dari itu, para peserta tampak semangat dan meneriakan burung burungnya di saat bertanding dalam lomba bergengsi itu.

Kapolres Asahan, AKBP Faisal F Napitupulu mengatakan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk silaturahmi dan rekreasi bagi pencinta burung Berkicau.

"Semoga kegiatan ini dapat mempererat silaturahmi kita dan menjadi ajang rekreasi bagi kita semua terutama bagi pecinta burung,"harapnya.

Mantan Kasubid Jatanras Polda Sumut itu menjelaskan, pihaknya telah menyediakan ratusan juta rupiah dalam kicau burung maniak tersebut. Kemudian juri yang dipilih dari berbagai daerah bertujuan agar kegiatan bisa berjalan secara playfair.

Faisal juga ingin merencanakan untuk perlombaan berikutnya, "Kalau kegiatan ini bagus, kita akan agendakan lomba berikutnya dalam event lebih besar lagi,"ungkapnya optimis.

Faisal yang juga pernah bergabung dikomunitas burung RBC itu memaparkan para peserta yang menghadiri dari berbagai Kabupaten Kota dan dari Provinsi lain di Pulau sumatra.

"Dari data peserta yang ikut di antaranya yakni Pekanbaru, Asahan, Deli Serdang,Tapsel, Siantar, Binjai, Tanjung Balai, Simalungun, Batubara, Tebing Tinggi, Nias, Medan, Labuhan batu dan daerah lainya."

Kelas yang dilombakan, di antaranya gelatik batu lepas, kapas tembak, kenari lepas, murai batu campuran, kacer, love bird.*