BELAWAN-Guna memastikan ibadah awal tahun aman, Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan Lubis SH MH memimpin sterilisasi 156 gereja.

Hal tersebut dilakukan orang nomor satu di Mapolres Pelabuhan Belawan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat Kristiani dalam menjalankan ibadah awal tahun di wilayah hukumnya.

“Selain memastikan keamanan jalannya beribadah di awal tahun, kita juga melakukan sterilisasi terhadap gereja-gereja. Sehingga jemaah yang menjalankan ibadah semuanya nyaman, tidak ada perasaan khawatir akan gangguan apapun,” ujar AKBP Ikhwan Lubis SH MH dalam keterangan tertulisnya yang diterima GoSumut, Rabu (1/1/2019).

Dijelaskan Ikhwan, pengamanan yang dilakukan pihaknya dengan bekerja sama dengan pemuda gereja.

“Jadi, sistem pengamanan yang kita lakukan terlebih dahulu berkoordinasi dengan perwakilan jemaah maupun pihak gereja yang akan menggelar ibadah. Selanjutnya, petugas mengecek seluruh lokasi dari benda-benda yang mencurigakan dan berbahaya di sekitar gereja,” jelas mantan Kasubdit Indag Ditreskrimsus Polda Sumut ini.

Selain itu, ikhwan menyebut, pada perayaan ibadah awal tahun ini pihaknya mengamankan sekaligus memantau 156 gereja dengan menurunkan 312 personel di bawah kendali masing-masing Padal.

“Dari jumlah tersebut, Polsek Medan Labuhan menempati posisi teratas dengan 83 gereja menyusul Polsek Belawan 43 sisanya Polsek Hamparan Perak 30 gereja,” sebut mantan Kasat Reskrim Polrestabes Medan ini seraya mengatakan selain memastikan keamanan sejumlah gereja pihaknya juga melakukan patroli monitoring  situasi Kamtibmas terkait pengamanan gereja dan libur tahun baru.*