MEDAN-Satuan Lalulintas (Satlantas) Polrestabes Medan melakukan rekayasa arus lalulintas di beberapa ruas jalan pada malam pergantian tahun.

Hal itu dilakukan bersama instansi terkait demi terselenggaranya peringatan malam tahun baru yang aman, kondusif dan lancar.

“Kita telah melakukan rapat koordinasi dengan instansi terkait dalam hal ini Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan PT KAI sebagai upaya penanganan Lalulintas malam tahun baru di kota Medan,” ujar Kepala Satuan Lalulintas Polrestabes Medan, AKBP Juliani Prihartini SIK MH dalam keterangan tertulisnya yang diterima GoSumut, Minggu, (30/12/2018).

Lebih lanjut dijelaskannya, perlu diketahui bahwa pada malam Tahun Baru nantinya ada beberapa obyek titik kumpul masyarakat dalam merayakan Malam Tahun Baru antara lain Lapangan Merdeka, Lapangan Benteng (kegiatan dzikir akbar ), Jalan Zainul Arifin, Jalan Ring Road dan obyek lainnya. “Kondisi tersebut tentunya memerlukan penjagaan dan pengaturan lalulintas yang ekstra agar tidak berdampak kepada kemacetan total dan masyarakat terhambat dalam melakukan aktivitas ibadah atau ke tempat tujuan lainnya,” jelas mantan Kapolsek Medan Timur ini.

Sesuai hasil rapat koordinasi, disebutkan Juliani, pihaknya akan melakukan rekayasa arus lalulintas di beberap ruas jalan. “Sesuai hasil rapat, kami akan melakukan pengalihan arus lalulintas di beberapa ruas jalan,” sebut mantan Kasat Binmas Polrestabes Medan ini.

Berikut Sejumlah Jalan yang Direkayasa Arus Lalulintasnya

Peratama, Jalan Guru Patimpus gunakan menjadi 2 jalur menuju Jalan Gatot Subroto dari Jalan Putri Hijau dan Jalan Gatot Subroto bisa ke Jalan Putri Hijau.

Kedua, Jalan Balai Kota menuju Kantor Pos (Jalan Bukit Barisan) ditutup sehingga arus yang dari Lapangan Benteng lurus ke Putri Hijau, apabila memadat akan ditutup dari depan kantor walikota dialihkan ke Jalan Imam Bonjol.

Ketiga, Arus lalin yang dari Jalan Brigjend Katamso dan Jalan Suprapto menuju Ahmad Yani Lapangan Merdeka dialihkan menuju Jalan MT Haryono lurus ke Jalan Sutomo.

Keempat, Arus Lalulintas dari Jalan HM Yamin diluruskan ke kantor BRI menuju Jalan Putri Hijau dan Merak Jingga menuju Jalan Guru Patimpus (kecuali penumpang KA)

Kelima, Jalan KH Zainul Arifin dialihkan ke kiri, Jalan Cik Ditiro dan Kanan Jalan Taruma ke kiri menuju Jalan S Parman.

Keenam, Arus Lalulintas dari Jalan S Parman menuju Jalan Kejaksaan diluruskan menuju Jalan Kapten Maulana Lubis.

Selain itu, dalam pelaksanaan pengamanan Malam Tahun Baru, Polrestabes Medan mengerahkan 1125 personel yang terdiri dari Brimob Polda Sumut, Dit Shabara, Dit Lantas Polda Sumut, Dishub Kota Medan dan Satpol PP yang akan ditempatkan pada obyek-obyek kegiatan massa dan pengaturan rekayasa lalulintas jalan.

Penutupan jalan dan pengalihan arus Lalulintas akan dilakukan secara situasional.

Apabila Pukul 21.00 wib sudah ramai dan memadat penutupan jalan akan dimulai.

Sekaitan dengan itu, Polrestabes Medan juga akan melakukan Publik Adress untuk memberikan imbauan kepada pengguna jalan.

Bagi Masyarakat yang ingin menikmati malam Tahun Baru di seputaran wilayah Lapangan Merdeka dapat memarkirkan kendaraan di Jalan Palang Merah sebelah kiri depan Rumah Makan Garuda, sisi kanan kantor BRI Jalan Putri Hijau, sisi kanan depan kantor Pos Indonesia, areal parkir Hotel Ina Deli dan lokasi parkir yang tidak dilarang.

Untuk seputaran Lapangan Benteng dapat memarkirkan kendaraan di areal parkir kantor DPRD Provinsi Sumatera Utara, DPRD Kota Medan, areal parkir kantor Pengadilan, parkiran kantor Bank Mandiri Jalan Imam Bonjol, areal parkir Hotel Santika, parkiran Wisma Benteng. “Kami mengimbau kepada masyarakat yang akan melaksanakan perayaan malam Tahun Baru agar tetap berhati-hati dan tetap tertib mengemudikan kendaraannya serta senantiasa mematuhi peraturan lalulintas dan utamakan keselamatan. Jangan sampai menjadi korban kecelakaan lalulintas,” imbau AKBP Juliani Prihartini.