LABUHANBATU - Plt. Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe meresmikan Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO) Kelompok Tani “Sumber Tani” dan Bengkel Alat Mesin Pertanian yang ada di Desa Sei Jawi-Jawi Kecamatan Pani Hulu, Jumat (28/12/2018).

Peresmian ini dihadiri Dr. Fitrah Gunadi ME selaku Fungsional Pengawas Mutu Direktorat Jenderal Tanaman Pangan RI dan Kadis Pertanian Kabupaten Labuhanbatu Agussalim Ritonga, SP dengan disaksikan Camat, Kepala Desa dan tokoh masyarakat serta tokoh agama maupun kelompok tani.

Pada peresmian di dua tempat yang berbeda tersebut diawali dengan pembukaan selubung nama oleh Plt. Bupati Labuhanbatu dan pengguntingan pita oleh Fungsional Pengawas Mutu Direktorat Jendaral Tanaman Pangan RI disaksikan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Labuhanbatu Agussalim Ritonga, SP dan Camat Panai Hulu serta Kepala Desa Sei Jawi-Jawi.<

Plt. Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe dalam dua peresmian tersebut mengimbau kepada kelompok tani untuk senantiasa memanfaatkan, menjaga dan merawat apa yang telah ada dan apa yang telah dibangun ini, sehingga ke depan bantuan-bantuan, baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah akan terus dapat ditambahi dengan bentuk yang lain.

"Inovasi-inovasi yang telah dilakukan dan dibuat bengkel pertanian ini dan keinginan kita ke depan khususnya kepada bapak dari kementerian tolong perhatikan kami seperatian-peratiannya, saya yakin bapak tidak akan kecewa nanti, apa yang diberikan bantuan kepada kami, ini terus akan kami jaga dan kami rawat, misalnya seperti lembu, bisa kami tambahin nantinya, mudah-mudahan kedatangan bapak ini bisa membawa suatu kebaikan untuk Kabupaten Labuhanbatu," jelasnya.

Khusus kepada kelompok tani, Andi menjelaskan, ini salah satu bentuk perhatian pemerintah dan gunakan fasilitas yang ada seperti alat-alat pertanian maupun bibit dengan sebaik mungkin.

"Jangan sampai tidak kita rawat supaya diberi lagi oleh pemerintah pusat kepada kita, ini semua untuk kita, Pemerintah Pusat dan kita juga hanya memberi, ini ada mesin untuk pemanen padi yang tiap harinya bisa menghasilkan 4 hektar, ini sangat luar biasa dan berapa tenaga manusia yang dikurangi dengan adanya mesin yang dibantu oleh pemerintah pusat," jelas Andi Suhaimi.

Akhirnya Plt. Bupati Labuhanbatu mengungkapkan, Pemkab Labuhanbatu maupun pemerintah pusat terus dan akan melihat dan ingin mensejahterakan masyarakat, baik itu masyarakat yang ada di desa, di dusun dan di pelosok yang ada di Kabupaten Labuhanbatu dan umumnya ada di Republik Indonesia ini.

"Semoga pemerintahan kita semakin kuat, mudah-mudahan bantuan dari pusat terus berlanjut untuk tahun-tahun yang akan datang," bilangnya.

Selanjutnya Dr. Fitrah Gunadi ME selaku Fungsional Pengawas Mutu Direktorat Jenderal Tanaman Pangan RI menjelaskan, di Desa Sei Jawi-jawi sangat banyak potensi ekonomi yang dapat dikemkembangkan, terutama pada sektor pertaniannya. Pihaknya berharap mesin pengolahan pupuk organik yang telah diberikan dapat menjadi bagian pembangunan ekonomi di masyarakat.

“Manfaatkanlah bantuan yang ada dengan baik, agar kelompok tani dan keluarga kelompok tani yang ada di Desa Sei Jawi-Jawi ini dapat lebih sejahtera, baik kehidupan maupun ekonominya,” ucap Fitrah Gunadi.

Pada peresmian Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO) Kelompok Tani “Sumber Tani” dan Bengkel Alat Mesin Pertanian yang ada di Desa Sei Jawi-Jawi Kecamatan Pani Hulu tersebut diwarnai dengan peninjauan oleh Plt. Bupati Labuhanbatu dan Fungsional Pengawas Mutu Direktorat Jendaral Tanaman Pangan RI.