LABUHANBATU - Ratusan guru di Labuhanbatu menghadiri puncak peringatan HUT ke-73 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2018, serta penyerahan penghargaan kepada guru teladan dan berpendidikan, yang berlangsung di Ballroom Suzuya Plaza Hotel Rantauprapat, Kamis (20/12/2018).

Plt Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT dalam arahannya mengatakan, jasa guru harus diabadikan pada diri masing-masing. Sebab, guru adalah motor penggerak menuju kesuksesan bangsa ini, dan harus terus memberikan ilmu-ilmu bagi para murid yang saat ini sudah mulai di gantikan perannya oleh internet.

"Dunia anak saat ini adalah handphonenya, untuk itu guru harus terus memberikan ilmu yang bisa menambah pengetahuan kita, saat ini kita dituntut untuk mencerdaskan kehidupan bangsa ini, guru adalah pelita, semoga ke depannya guru-guru di Labuhanbatu makin semangat menjalankan tugasnya," kata Andi.

Andi mengharapkan, didikan guru-guru nantinya dapat menghasilkan Gubernur bahkan Presiden Republik Indonesia yang berasal dari anak-anak Labuhanbatu.

"Tanpa jasa seorang guru, kita yang hadir ini tidak akan pernah ada di posisi yang bagus. Semoga ke depannya Labuhanbatu akan menjadi Kabupaten yang berkesan bagi daerah-daerah lainnya," harapnya.

Di sisi lain, sekretaris PGRI Kabupaten Labuhanbatu, Syaiful Amri SPd menyampaikan, peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan berkembangnya budaya mutu di kalangan guru dan pemangku kepentingan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia.

"Ini adalah untuk meneladani semangat dan dedikasi guru sebagai pendidik semua anak bangsa, dalam peningkatan SDM yang bermutu, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya peran guru dalam membangun karakter bangsa Indonesia yang cerdas," ujarnya.

Syaiful mengungkapkan, HUT PGRI dan HGN kali ini mengangkat tema "Wujudkan guru sebagai penggerak perubahan menuju Indonesia cerdas berkarakter dalam revolusi 4.0". Adapun rangkaian kegiatan yang telah dilakukan adalah upacara bendera secara serentak di sekolah negeri/swasta se-Kabupaten Labuhanbatu.

Selanjutnya, pelaksanaan seminar pendidikan dengan tema penghargaan dan perlindungan terhadap profesi guru di Gedung Nasional Rantauprapat, dan pelaksanaan anjangsana ke Panti Asuhan Al-Arif Al-Wasliyah, Panti Asuhan Muhammadyah, dan Panti Asuhan Namira.