PALAS-Pemkab Padang Lawas (Palas) melaksanakan upacara Peringatan  Hari Bela Negara ke 70 tahun 2018, Rabu (19/12/2018) di halaman Komplek Perkantoran SKPD Terpadu Sigala -gala Kecamatan Barumun.

Peserta upacara diikuti seluruh  Pejabat dan ASN dilingkungan pemerintahan Kabupaten Palas ,TNI ,Polri ,bertindak sebagai Inspektur Upacara Wakil Bupati Palas drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu.CHt.MM.M.Si.

"Kesadaran bela negara yang berakar pada nilai luhur bangsa, harus tertanam dalam jiwa rakyat Indonesia sejak dini melalui pendidikan dan aksi. Diperlukan cara yang inovatif serta adaptif dengan perkembangan zaman, agar anak-anak muda mendapat mengekspresikan kecintaannya pada tanah air," ujar H.Ahmad Zarnawi Pasaribu.CHt.MM.M.Si,  membacakan  amanat Presiden RI, Joko Widodo.

Wabup juga menyampaikan pesan  Presiden bahwa diera milinial saat ini negara perlu memberi ruang kepada generasi muda mengekspresikan kecintaannya terhadap tanah air.

Kata Wabup, bela negara tak hanya ditunjukkan dengan kekuatan fisik dan senjata semata, namun harus dilakukan oleh beragam upaya dan profesi. "Bukan pula hanya oleh Aparatur Sipil Negara (ASN), menumbuhkan rasa patriotisme harus bersama dengan segenap elemen masyarakat," sebutnya menyampaikan pesan Presiden RI.

Dalam sambutan Presiden ,kata Wabup, disebutkan  banyak anggota TNI-Polri, serta aktivis sosial yang bekerja di pelosok nusantara melebihi tugas pokoknya. "Inilah bentuk bela negara yang patut kita apresiasi," tegas H.Ahmad Zarnawi.

Dikesempatan itu Wabup menekankan kepada seluruh ASN di lingkungan Pemkab Palas agar menghayati makna bela negara dengan  peran yang memberikan  kontribusi  bagi seluruh masyarakat, termasuk dunia usaha, pendidikan, media, hingga tokoh pemuda dan agama untuk memberikan sumbangsih kepada negara melebihi panggilan tanggung jawab sebagai abdi negara.

  "Mari kita  menunjukkan keteladanan dalam menjalankan demokrasi. Dalam desakan berbagai ideologi lain, bangsa Indonesia tetap teguh berpegang pada ideologi Pancasila,"tegas Wabup.

Namun begitu,tambah Wabup , menghadapi tantangan yang kompleks, terutama menghadapi pesatnya kemajuan teknologi transportasi dan komunikasi. Perkembangan itu memang memudahkan, tetapi juga membuka pengaruh budaya yang belum tentu sesuai dengan karakteristik bangsa ini.

Diharapkan kita harus berpegang teguh pada nilai luhur budaya dengan Interaksi  membuka diri dengan budaya luar "Saya yakin kita semua  bisa memberikan kontribusi dengan kemampuan yang dimilikinya," pungkas Wabup menutup sambutan Presiden RI di Peringatan Hari Bela Negara ke 70 Tahun 2018.*