BELAWAN-Polres Pelabuhan Belawan menggelar rapat kordinasi (rakor) Lintas Sektoral Operasi Lilin Toba 2018.

Hal itu dilakukan guna mewujudkan kondusifitas Kamtibmas menjelang pengamanan perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Rapat Sektoral yang bertema Mengedepankan giat Turbinjali, Kamseltibcar, Lidik sidik dan Banops tersebut dilaksanakan di Aula Mapolres Pelabuhan Belawan Jalan Raya Belawan, Bagan Deli, Sumatera Utara.

Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Ikhwan Lubis SH MH mengatakan, maksud dan tujuan di gelarnya rapat Lintas Sektoral Operasi Lilin Toba 2018 ini untuk menciptakan keamanan dan ketertiban yang kondusif pada perayaan Natal dan Tahun Baru. "Rapat ini kita laksanakan guna mewujudkan kondusifitas saat perayaan Natal dan Tahun Baru di wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan," ujar AKBP Ikhwan Lubis menjawab GoSumut, Jumat, (14/12/2018).

Lanjut dijelaskannya, rapat ini juga sebagai sarana informasi dan masukan sekaligus untuk menyamakan persepsi. "Jadi, rapat Lintas Sektor ini juga sebagai sarana atau wadah berbagi informasi serta berbagi masukan dalam menyamakan persepsi perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Sehingga nantinya perayaannya dapat berjalan dengan baik," jelas mantan Kasubdit Indag Ditreskrimsus Polda Sumut ini.

Selain itu, diungkapkan Ikhwan untuk mengantisipasi adanya gangguan yang tidak diinginkan pihaknya mendirikan Pos pengamanan (Pospam) dan Pos pelayanan (Posyan) di sejumlah wilayah objek vital (obvit). "Guna mengantisipasi gangguan keamanan, kita dirikan Pospam dan Posyan seperti di gereja, tempat keramaian, terminal Pelabuhan Bandar Deli dan Ujung Baru Belawan," ungkap mantan Kasat Reskrim Polrestabes Medan ini seraya mengatakan Pospam dan Posyan tersebut nantinya akan diisi dengan oleh personel dari TNI dan Polri serta Muspika.

Hadir pada rapat Lintas Sektoral Lilin Toba 2018 tersebut, Kabag Ops Polres Pelqbuhan Belawan, Kompol H Erinal, pejabat utama, Kapolsek Medan Labuhan, Kompol Rosyid Harntanto SH SIK, Kapolsek Belawan, Kompol Safarudin Tama Siregar, Kapolsek Hamparan Perak, Kompol Azuar SH MH, Danlantamal Belawan diwakili Mayor Mar Ahmad Yani, Danramil Medan Labuhan, Kapten P Purba, Suden Pom Belawan, Kapten Sukarman, Danramil Medan Belawan, Kapten Sugito, Danramil Hamparan Perak, Kapten Muktar, Danramil Medan Deli, Kapten Sabur Utomo, Mewakili GM BICT Belawan, Robi Andi S, Kasi P2 Bea dan Cukai Belawan, Samino, Kabid Linmas Satpol PP Deliserdang, S Silitonga, PT Pertamina Belawan, Rusdianto, Dinas Perdagangan Kota Medan, Simon, Dishub Kota Medan, Hotma Tua Siregar, Ketua KBPP Polri, Justia HS SE, para Camat dan Lurah di Medan Utara.