MEDAN - Kontingen Kabupaten Deliserdang memastikan mengunci gelar juara umum cabor pencak silat Pospedasu VII/2018 dengan 11 emas, 2 perak dan 1 perunggu yang di helat di gedung PPLP Sumut, Jalan Sekolah Pembangunan, Medan. Meski masih menyisahkan 4 kelas yang akan dipertandingkan pada pentutupan besok, Sabtu (15/12/2018). Deliserdang jauh meninggalkan pesaing terdekatnya, Kontingen Kabupaten Paluta dengan raihan 2 emas, 1 perak dan 4 perunggu. Sedangkan di tempat ketiga sementara ditempati Kontingen Kabupaten Langkat dengan 1 emas, 4 perak dan 9 perunggu.

Para atlet Deliserdang yang meraih emas diantaranya, putra: M. Mirza, Fahri Alpria, Fajar Ikhsan, Fahmi Sultoni, putri diantaranya, Widia Carles, Serli Marlina, Lailatur Rahmi, Dea Puspita, Nurul Fadila. Serta dua emas dari kategori seni, kelas ganda putra, Baston Hirkam dan Syafiq Fuadi, serts tunggal putri, Dea Puspita.

Pelatih Deliserdang, Rajuddin Saragih kepada wartawan, Jumat (14/12), mengaku takjub dengan raihan emas yang berhasil didulang pesilatnya dari target awal hanya 10 emas.

"Karena target kita kemarin sekitar 10, sudah memenuhi target. Mereka berjuang dengan keras saat di matras. Sehingga kita bisa tampil maksimal, tentu sangat puas sekali," ungkapnya.

Baginya, kunci kemenangan anak asuhnya adalah latihan keras yang terus diperagakan selama di pesantren.

"Saya melihat mereka punya ambisi kuat, latihan yang disiplin di pesantren masing-masing. Kemarin karena kita waktunya dadakan jadi kita mengadakan latihannya dipesantren masing-masing. Mereka itu latihan dari pagi, siang. breaknya itu hanya waktu isoma saja," tegasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk merebut 11 emas ini bukanlah hal yang mudah. Rajuddin mengungkapkan lawan-lawan di Sumut telah merata.

"Karena sekarang di tingkat Dumut pun sudah merata pertandingan. Yang dulunya seperti kita lihat Padang Lawas itu biasa saja sekarang sudah bisa menguasai lapangan," terangnya.

Untuk 4 partai penutup, ia tetap menargetkan sapu bersih emas di setiap partai final yang ada. "Di seluruh partai itu kita punya pesilat yang akan tampil dan targetnya itu ada 4 medali emas, harapan kita menang semua," pungkasnya.