MEDAN - Upaya meningkatkan praktek keselamatan dan kesehatan kerja perlu terus dilakukan setiap perusahaan.

Hal ini dikemukakan Yunirwan Gah dari perwakilan International Labour Organization (ILO) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Medan, kemarin, usai menjadi instruktur dalam Lokakarya Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang diselenggarakan di Training Center STA Resources Kebun Sosa bekerjasama dengan Golden Agri Resources (GAR) baru-baru ini.

Menurut Yunirwan Gah, kampanye keselamatan dan kesehatan kerja perlu terus-menerus dilakukan oleh perusahaan sebagai upaya mempromosikan tempat kerja yang layak bagi karyawan.

Dikatakan, untuk mendukung hal itu pihak perusahaan perlu memfasilitasi serangkaian kegiatan peningkatan kapasitas manajemen maupun pekerja dalam menerapkan kondisi kerja yang layak sesuai peraturan dasar ketenagakerjaan yang diaplikasikan dalam berbagai instrumen nasional maupun internasional.

Apalagi, kata Yunirwan, kegiatan mempromosikan tempat kerja yang layak bagi karyawan merupakan misi ILO sebagai lembaga PBB yang mempunyai mandat terkait dengan standar ketenagakerjaan internasional terlebih untuk kondisi kerja yang layak di perusahaan perkebunan sawit.

Sementara, Apuk S Chandra, Regional Control Agronomy Sumatera Utara mewakili manajemen Training Center STA Resources saat lokakarya yang berlangsung 27-28 November 2018 lalu mengatakan, agar aplikasi keselamatan dan kesehatan kerja dapat terlaksana di tempat kerja dengan tepat sasaran dibutuhkan keseriusan dan peran serta aktif peserta selama mengikuti pelatihan sehingga apa yang diharapkan dapat tercapai. ***