MEDAN - Generasi berencana (GenRe) merupakan forum untuk membina para remaja yang dipersiapkan BKKBN. Oleh karena itu, melalui festival ini para remaja atau pengurus forum genre dari berbagai sekolah dan dari perguruan tinggi, diajak untuk terus meningkatkan kreativitasnya. Apalagi, sebut Kepala Perwakilan BKKBN Sumut, Temazaro Zega, pada Festival GenRe ini pihaknya menghadirkan narasumber dari Ketua Yayasan GenRe Indonesia dan beberapa praktisi yang mampu memberikan peningkatan skill para remaja melalui duta GenRe ini.

"Ke depan para Duta GenRe ini menjadi tenaga-tenaga kerja produktif, apalagi dalam rangka menyambut bonus demografi dan mempersiapkan diri melalui Indonesia Emas," ujar Temazaro, Sabtu (1/12/2018) di JM Bariani House, Jalan Pemuda No. 18.

"Kita ingin pada tahun 2045 Indonesia bisa menjadi negara yang kuat di antara 8 negara di dunia. Oleh karena itu, remaja harus betul-betul disiapkan dan salah satunya melalui Festival GenRe ini," timpalnya.

Di samping melakukan kreativitas-kreativitas, imbuhnya, Duta GenRe ini juga disiapkan dari sisi integritas. Pihaknya ingin Duta GenRe ini bisa menjadi anak-anak yang jujur, disiplin, bertanggung jawab dan tentu menjaga kesehatannya.

"Artinya, mereka harus melepaskan perilaku yang berisiko seperti seks bebas, penyalahgunaan narkoba, dan bahkan mencegah mereka melakukan pernikahan dini," ungkapnya.

Untuk itu, dirinya berharap, para remaja harus fokus dalam pendidikan dan menyiapkan keahlian-keahlian dalam dirinya, sehingga ketika mereka sudah selesai, mereka sudah siap untuk mendapat pekerjaan yang bagus dan tentu mereka juga harus menjadi contoh yang baik di lingkungannya, keluarga, dan remaja lainnya di seluruh Indonesia.

Sementara itu, Kabid Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) BKKBN Sumut, Lusi Desriati menjelaskan, dalam kegiatan ini pihaknya mengajak para remaja agar aktif dan menghindari 3 masalah yang saat ini masih banyak terjadi di Provinsi Sumatera Utara yakni pernikahan dini, seks bebas, dan penyalahgunaan narkoba.

Menurut dia, pernikahan dini di Sumut tidak terlalu tinggi. Saat ini pihaknya lebih melakukan pencegahan dengan kegiatan remaja yang sudah banyak kita lakukan di kabupaten/kota. Apalagi sudah banyak di kabupaten/kota dibentuk forum-forum GenRe dari kegiatan pusat informasi konseling remaja (PIK-R) berbasis pendidikan.

"Kalau berbasis pendidikan melalui sekolah-sekolah, sedangkan berbasis masyarakat melalui remaja masjid, remaja gereja, karang taruna, dan lainnya," tutupnya.

Berikut nama pemenang dalam Festival Genre :

- Aransemen Lagu

1. Hamdani Nugraha (Politeknik Negeri Medan)
2. PIK-R MBE SMPN 1 Tj. Morawa
3. Dimas Alexander (PIK- R An-Nahlu MAN 1 Medan)

Favorit: Kahiru Arwani (SMA Swasta Teladan Sei Rampah)

- Iklan Layanan Masyarakat

1. PIK R MBE SMPN 1 Tj. Morawa
2. AFIF PRO (KPI UINSU Medan)
3. SMAN 1 BINJAI

Favorite : PIK R Probono SMAN 1 Medan

- Stand Up Comedy GenRe

1. PIK-R SMAN 2 Lubuk Pakam
2. Yayang Utari (SMA Swasta Teladan Sei Rampah)
3. Andika Prayoga (Medan)

Favorite : Egi (PIK MBE SMPN 1 Tj Morawa) maupun masyarakat.