PALAS-Peringatan Hari Guru di MAN 1 Padang Lawas (Palas) diwarnai dengan pemilihan guru favorit dan pegawai teladan.

Usai upacara peringatan Hari Guru Nasional,Senin (17/11/2018) di halaman sekolah MAN 1 Kabupaten Palas,  dilanjutkan pengumuman guru favorit pilihan siswa untuk tahun 2018 ,terpilih Daniel Arhan .S.Pdi dan pegawai teladan Siti Robiah Hasibuan.

Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Palas Mahyarni Junida Nasution mengatakan momentum hari guru dapat menjadi intropeksi diri dalam meningkatkan kedisiplinan dan keikhlasan dalam proses pelaksanaan tugas sebagai tenaga pendidik.

  "Tanggung jawab tenaga pendidik dalam membimbing dan mendidik siswa memiliki peran penting membentuk karakter anak bangsa,"katanya.

"Bekerja dengan penuh kesabaran serta ikhlas dalam memberikan pendidikan kepada anak didik kelak mereka (siswa-red) menjadi parang yang berguna bagi kedua orang tua ,bangsa serta negara,"harapnya kepada para guru atau tenaga pendidik di lingkungan Madrasah.

"Suatu kehormatan bagi kita ,dipuncak peringatan hari guru nasional ini, hadir sesepuh atau tokoh pendidikan dilingkungan jajaran Kementerian agama yaitu Bunda Hj .Syamsidar Rasmi Hasibuan yang juga mantan Kepala MAN  Sibuhuan,"ujar Maryarni Junida.

Dikesempatan itu Hj.Syamsidar Rasmi menceritakan sejarah perjuangan dirinya  bersama Almarhum suaminya H.Mahyuddin Nasution,  MAN Sibuhuan yang menjadi historis bersejarah dan menjadi catatan  kenangan tersendiri yang saat ini menjadi kebanggaan bagi daerah Kabupaten Palas.

Sejarah  tanah pertapakan  sekolah Madrasah tersebut adalah hasil dari perjuangan dan upaya kerja keras Alm H.Mahyuddin Nasution bersama dirinya dan rekan rekan sahabatnya seperjuangannya.

"Tepatnya pada 21 Oktober 1993 atau 25 tahun silam di lingkungan sekolah MAN Sibuhuan kondisinya masih dipenuhui padang ilalang dan jalan masuk kesekolah hanya dapat dilalui sepeda motor ,"ungkapnya.

Kata Bunda Syamsidar,  dengan kerja keras tanpa mengenal lelah dan menyerah dirinya bersama rekan guru berusaha dengan gigih agar madrasah ini menjadi yang terbaik bagi masyakat Sibuhuan dan Indonesia.

"Usaha kerja keras akhirnya membuahkan hasil. Tahun 2003 Madrasah yang dipimpinnya terpilih terbaik ke 2 sebagai Madrasah berprestasi tingkat nasional,"ujarnya mengenang sekolah Madrasah yang dipimpinnya saat itu.

  Bunda Hj Syamsidar Rasmi berpesan, guru dan siswa dilingkungan Madrasah terus meningkatkan prestasi dan kualitas menuju madrasah yang menjadi kebanggaan masyarakat kabupaten Palas.

"Sebagai  sesepuh dilingkungan Madrasah ini ,saya mengimbau, kepada kalangan tenaga pendidik untuk meningkatkan kinerja dengan bekerja ikhlas , sabar dan jujur serta mengedepankan kedisiplinan diri dalam melaksanakn tugas dan kewajiban dalam memberikan ilmu pengetahuan kepada anak didik,"tandasnya.

Peringatan hari guru nasional dirangkai dengan kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW diisi dengan marhaban dan tausyiah agama oleh Ustad Kali Junjung juga merayakan hari jadi PGRi ke 73.*