MEDAN-Tujuan rutin Polda Sumut dan jajarannya melaksanakan kegiatan sosial ternayata untuk menciptakan keamanan dan ketentraman.

Hal tersebut dikatakan Kapolda Sumut, Irjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH menjawab wartawan, Minggu, (25/11/2018). “Kegiatan sosial yang teragenda seperti Jumat Barokah baik di Polres maupun Polsek, membersihkan mesjid sampai kepada membagi-bagikan makanan kepada masyarakat untuk menciptakan hubungan harmonis kepada masyarakat,” kata Irjen Pol Agus.

Selain itu, diterangkannya, masa 100 hari awal kepemimpinannya, mantan Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Mabes Polri ini senantiasa melaksanakan silaturahmi beserta sejumlah elemen masyarakat dari akar rumput (kalangan bawah), di halaman Polda Sumut. “Tujuannya semata-mata hanya untuk menciptakan situasi keamanan dan ketentraman bagi masyarakat Sumut. Karena dalam menjaga kamtibmas, partisipasi aktif dari masyarakat sangatlah penting,” terang Irjen Pol Agus.

Disebutkannya, situasi Kamtibmas tentunya akan dapat lebih mudah diwujudkan, bila adanya hubungan baik antara Polri dan masyarakat. “Dengan begitu, polisi lebih mudah melakukan upaya pencegahan sejak dini, apabila memang ditemukan adanya gangguan terhadap kamtibmas maupun kerawanan yang mungkin terjadi di tengah-tengah masyarakat,” sebut mantan Kapolsek Percut Sei Tuan ini.

Seharusnya, kata Agus, memang begini kerja polisi, yakni melakukan pengelolaan seluruh potensi dan sumber daya yang ada. “Artinya, untuk menciptakan kamtibmas, kepolisian harus merangkul semua elemen serta stakeholder yang ada,” tandas Alumnus Akpol Tahun 1989 ini.