PALAS -Sekretaris Kawarcab Pramuka Kabupaten Padang Lawas (Palas) menutup kegiatan Kursus Mahir Dasar (KMD) bagi pembina Pramuka,Selasa(20/11/2018) diaula SMKN 1 Barumun.

Penutupan KMD dirangkai dengan  pemberian ijazah secara simbolis kepada 23 peserta yang dinyatakan lulus KMD,dilanjutkan dengan proses pelantikan dengan ikrar Darma Pramuka oleh seluruh pembina gugus depan.

  Sekretaris Kwarcab Pramuka Palas Zainuddin Hasibuan.S.Pf.MM mengatakan ,  kegiatan KMD diikuti oleh 40 orang Pembina Pramuka yang merupakan utusan gugus depan dari semua tingkatan sekolah.

  Dikatakan, tujuan  KMD adalah untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan Pembina Pramuka sehingga lebih siap untuk melaksanakan Pendidikan Kepramukaan bagi peserta didik secara berdaya guna dan berhasil guna.

Peserta diberikan materi pelajaran tentang kepramukaan, prinsip dasar dan metode kepramukaan, program kegiatan peserta didik, cara membina, organisasi Gerakan Pramuka.

  Selain itu,kata Zainuddin, kegiatan ini sebagai alat pendidikan dan teknik kepramukaan.  "Kakak-kakak Pembina Gudep diharapkan,ilmu yang diperoleh selama KMD dapat diterapkan di masing -masing gudep ,terkait praktek kepramukaan dan  hal lainnya untuk kemajuan Pramuka.

"Setelah  lulus di tingkat KMD diharapkan  melanjutkan ketingkat KML,"pesan Zainuddin kepada pembina gudep yang menjadi peserta KMD.

Kata Zainuddin, kakak -kakak pembina  Gudep bisa  menjadi contoh Jangan hanya sebatas untuk mendapatkan ijazah KMD saja tetapi ilmunya  diterapkan sebagai motivasi diri dan intropeksi untuk mendorong kegiatan pelatihan pramuka.

Zainuddin menyampaikan,  apa yang telah dipelajari selama mengikuti Kursus Mahir Dasar (KMD) bagi  Pembina Pramuka agar dipraktekkan dan diimplementasikan di Gugus depan."Teruslah mengabdi demi kemajuan Gerakan Pramuka dan pembentukan karakter generasi muda,"imbuhnya.

Ia menambahkan  Kursus Mahir  Dasar (KMD) dapat meningkatkan kualitas Pembina Pramuka dalam rangka melakukan pembinaan di Gugus depan."Dengan meningkatnya kualitas Pembina tentu akan berdampak kepada kualitas peserta didik yang melahirkan generasi muda yang berkarakter,"pungkasnya.*