MEDAN-Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Medan Polonia menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif Pemilu bersama stakeholder, , Sabtu, (17/11/2018).

Sosialisasi di Hotel Pardede Internasional, Jalan Ir H Juanda ini diikuti sejumlah elemen masyarakat, baik Organisasi Kepemudaan (OKP) dan Organisasi Massa (Ormas) yang ada di Kecamatan Medan Polonia.

Komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Medan, Julius Anggiat Lamhot Turnip dalam paparannya menyampaikan, Pemilu yang akan digelar pada 17 April 2019 mendatang bisa terlaksana dengan baik jika ada peran serta dan partisipatif dari masyarakat dalam melakukan pengawasan secara langsung.

Sebab, pengawas pemilu tidak akan bisa bekerja maksimal tanpa adanya dukungan dari masyarakat termasuk. “Fungsi pengawasan partisipatif yang saya maksud adalah adanya keterlibatan masyarakat untuk melakukan pencegahan terjadinya kecurangan dalam Pemilu,”kata dia.

Menurut dia, masyarakat adalah elemen terpenting dalam proses pengawasan pemilu, termasuk didalamnya unsur eksekutif, legislatif, Ormas dan OKP. “Dengan begitu, maka Pemilu kali ini akan berjalan secara demokratis dan berkeadilan,” ujarnya.

Acara sosialisasi ini dihadiri sejumlah unsur, diantaranya TNI/Polri, perangkat pemerintahan tingkat kecamatan, FKPPI, Pemuda Pancasila (PP), Ikatan Pemuda Karya (IPK) serta tokoh-tokoh masyarakat.

Sementara itu, Sri Hartati, salah satu peserta sosialisasi mempertanyakan cara agar anaknya yang baru lulus sekolah untuk didaftarkan sebagai pemilih.

Menanggapi hal tersebut, Julius mengatakan masyarakat bisa menyampaikan itu langsung ke Panwas Kecamatan Medan Polonia untuk kemudian bisa ditindaklanjuti. “Tentunya kita berharap peran serta masyarakat dalam hal ini. Tentunya nanti pengawas akan menindaklanjuti laporan tersebut,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kecamatan Medan Polonia, Iskandar Z Siahaan mengatakan, sosialisasi ini merupakan media untuk menyampaikan pentingnya partisipasi masyarakat dalam Pemilu. “Masyarakat harus tau dan terlibat aktif dalam menyukseskan Pemilu tahun 2019 yang akan datang,” pungkasnya.