SERGAI - Selama sepuluh tahun lebih tiang listrik tanpa memiliki kabel di Dusun Payanibung II, Desa Seibuluh, Kecamatan Teluk Mengkudu, Sergai, diduga milik Rayon PLN Seirampah terkesan mubazir, Minggu (4/11/2018).

Hal ini hasil pantuan Gosumut.com di lokasi terlihat empat tiang listrik tanpa memiliki kabel yang seharusnya sangat bermanfaat bagi warga sekitar. Pasalnya tiang listrik tanpa kabel yang seharus disalurankan arus listrik ke rumah warga, kini hanya terlihat berdiri tegak tanpa adanya kabel listrik. Sehingga warga yang diperkirahkan sebanyak 15 kepala rumah Tangga (KK) hanya bisa pasrah menggunakan arus listrik satu rumah menyalurkan ke 15 rumah setiap malamnya.

Warga sekitar sudah pernah melaporkan hal ini ke pemerintah desa maupun Rayon PLN Seirampah, namun sampai saat ini belum juga ada tindakan.

"Selama 10 tahun lebih tiang listrik tersebut berdiri tegak tanpa kabel. Dan sudah bolak balik ganti calek namun sampai saat ini belum juga ada tindak lanjutnya," ucap warga kepada Gosumut.com yang enggan namanya disebutkan.

Warga sudah pernah melaporkan hal ini, tapi kenyataannya sampai sekarang ini tidak ada.

"Dulunya juga pernah dimintai uang (Sum-sum) untuk membeli kabel, namun karna uang duluan sehingga kita tak mau memberikan. Ada empat tiang, namun kalau ditambah satu tiang lagi bisa tembus ke setral utama," katanya.

Bahkan, hampir tiap malam kita merasahkan bagaimana arus listrik yang hanya satu setral mengaliri 15 rumah warga, tiap malam lampu rumah warga menjadi redap -redup (kurang watt). Selain mengalami kurang watt arus listrik juga tidak bisa digunakan layaknya seperti warga lainya. Kalau sentral utama mati lampu di sini juga ikut mati lampu.

Menyikapi hal ini, Kades Seibuluh Erwin Lubis melalui Kadus Payanibung II, Tono melalui via telepon kepada GoSumut.com mengaku sudah dua kali melayangkan surat permohonan soal tiang tersebut kepada Rayon PLN Seirampah, namun sampai sekarang belum ada titik terangnya.

"Foto kopi surat permohonannya masih ada tersimpan di rumah," ucapnya.

Namun, lanjut Tono, Rayon PLN Seirampah hanya sebatas untuk melakukan swadaya untuk pemasangan arus listrik, namun untuk pemasangan kabel tiang listrik sampai sekarang ini belum ada.

"Kalau tidak salah tahun 2016-2017 surat tersebut kita layangkan," kata Tono.