PALAS- Pelaksanaan ujian  Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Padang Lawas (Palas) sudah siap digelar.  Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) setempat sudah melakukan pemasangan dan pengecekan komputer untuk tes sistem Komputer.

Selain itu, pemeriksaan perangkat PC Komputer sudah dilakukan langsung oleh Bupati Palas H. Ali Sutan Harahap (TSO) bersama Sekda Arpan Nasution.

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM)  Aslamiah melalui Sekretaris Amit Hadi Nasution, menjelaskan, secara menyeluruh sistem komputer sebanyak 184  unit untuk tes CPNS sudah dipersiapkan. Seluruhnya juga sudah dilakukan pengecekan, baik dari sistem, jaringan dan perangkat pendukung lainnya.

Ditegaskannya, persiapan yang dilakukan sudah seluruhnya selesai, tinggal proses pelaksanaan tes  CPNS yang akan dimulai Senin sampai Sabtu (10/11/2018) di lokasi SMKN 1 Barumun sebagai lokasi kegiatan Ujian CPNS.

  “Persiapan keseluruhan sudah 99 persen siap, bahkan juga sudah dilakukan simulasi tes, dan hasilnya seluruhnya baik dan siap digunakan,”tegasnya,Sabtu (4/11/2018).

Kata Amit  melanjutkan, komputer yang digunakan 170 unit, dan 14 cadangan juga dipersiapkan. Kemudian untuk sistem kelistrikan dan fasilitas pendukung yang lain semuanya sudah dicoba, dan dipastikan sudah siap.

Namun demikian, pihaknya tetap saja melakukan antisipasi dengan menyiapkan generator-set, dan Uninterruptible power supply (UPS) sebagai baterai cadangan. Sehingga  ketika listrik padam, komputer tidak langsung mati.

“Setelah dicoba, seluruh komputer dinyalakan ternyata tidak ada masalah di listrik. Namun kami juga sudah koordinasi dengan PLN untuk tidak melakukan pemadaman saat jam pelaksanaan tes CPNS,” tambahnya.

Lebih lanjut Amit menjelaskan, teknis pelaksanaan tes dalam satu hari ada empat  sesi. Dan jika dihitung keseluruhan dari peserta,  kurang lebih selama 6 hari pelaksanaan tes akan dilakukan.

  "Saat ini panitia sedang melakukan sinkronisasi dengan pihak UNBK Pusat agar segera  rampung. Uji coba seluruh komputer baik, Bahkan sudah dilakukan.  simulasi juga berjalan normal," terangnya.

Kepala SMKN 1 Barumun H.Mukmin Syaiful mengatakan, kegiatan proses belajar mengajar terhadap berjalan secara normal tidak menganggu aktivitas belajar.

Alasannya ,kata Mukmin, karena ruangan ujian CPNS yang digunakan merupakan ruang praktek siswa sebanyak 4 ruangan selama berlangsung kegiatan ujian yang dijadwalkan 6 hari.*