PALAS-Pemerintah Padang Lawas (Palas)  memberikan pelatihan sekaligus pelantikan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Palas.

Kegiatan pelantikan dan pelatihan  berlangsung mulai 29-31 Oktober 2018 di aula Dinas Sosial Kabupaten Palas Komplek SKPD Terpadu  Sigala-gala.

  Kepala Dinas Sosial Palas Bustami Harahap .S.Sos mengatakan tujuan pelatihan untuk  menyiap siagakan  tenaga tenaga terampil dan ahli di bidang perlindungan sosial untuk  bencana alam.

“Selain pelaksanaan penanggulangan bencana yang terarah, juga untuk meningkatkan potensi kemampuan dalam tugas pendampingan Shelter,” ujarnya.

Ia berharap setiap anggota memahami fungsinya guna untuk mengantisipasi dan membentuk anggota yang profesional dalam melakukan pertolongan manakala terjadinya bencana.

“Pelatihan ini  untuk melatih kecekatan para anggota tagana, dan dapat memberikan pelayanan terbaik untuk korban pengungsian,” ungkapnya.

Sedangkan lokasi yang rawan bencana di Palas,lanjut Bustami, kecamatan Sosopan merupakan wilayah yang rentan terhadap tanah longsor.

Sementara salah seorang fungsionaris  Tagana Kabupaten Palas Kholil Husein alias  Galepor  menyatakan, pelatihan  dilakukan untuk   anggota tagana diajarkan pelatihan shelter, yakni membangun tenda dan membuat dapur umum.

“Pelatihan ini merupakan kegiatan perlindungan sosial korban bencana alam, untuk mempersiapkan petugas di bidang shelter sesuai tugas, guna untuk melakukan penyelamatan, memberikan rasa aman, dan pelayanan selama dipengungsian bagi korban bencana alam dilokasi bencana,” tukasnya.*